Cianjur Butuh 35-40 Puskesmas Tambahan

0
318

CIANJUR, patas.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur mengaku jika Cianjur membutuhkan 35 sampai 40 puskesmas lagi untuk mencapai angka ideal jumlah puskesmas‎ supaya pelayanan di tingkat puskesmas lebih optimal.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzi. Menurutnya, satu Puskesmas idealnya mencakup 30 ribu penduduk‎, sementara di Cianjur yang jumlah puskesmasnya hanya 45,  satu puskesmas harus melayani lebih dari 60 ribu per duduk per puskesmas.

“Jelas itu tak ideal. Dengan jumlah penduduk sebanyak 2,5 juta jiwa, minilai ada 75 sampai 80 puskesmas.”

Namun, menurut Irvan, penambahan puskesmas merupakan ‎target jangka panjang, sebab akan memakan banyak anggaran. “Dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) ada peningkatan sarana prasarana kesehatan bermutu. Kemungkinan bentuknya untuk puskesmas,” ujarnya.

Irvan mengatakan, dalam jangka pendek, pihaknya akan fokus pada penguatan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)‎, pasalnya ‎banyak puskesmas yang masih kekurangan tenaga medis, khususnya yang sesuai ketentuan dimana ada 9 tenaga spesifik‎.

“Tenaga medisnya terdiri dari dokter umum, gigi, perawat, bidan, analisis promosi dan gizi, serta tenaga lainnya. Yang lengkap hanya beberapa, sebagian besar masih seadanya.”

Menurutnya, wilayah Cianjur selatan menjadi wilayah yang pukesmasnya masih perlu penambahan SDM. “Kami akan upayakan penambahan, sekarang kan sudah BLUD jadi bisa dimaksimalkan. Ke depan setelah sdmnya cukup, akan beralih ke penambahan puskesmas,” tandasnya. (isl)

Comments

comments