Pemkab Siapkan 10 Milyar untuk Hutang Rumah Sakit

0
296

CIANJUR, patas.id – Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, menyiapkan anggaran senilai Rp 10 miliar untuk membayar hutang Pemkab kepada rumah sakit terkait Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Kesehatan.

Menurutnya, dana tersebut akan dianggarkan setiap tahunnya. Selama masa jabatannya, ia menargetkan ‚Äéhutang Pemkab terbayarkan 75 persennya. “Kalau dihitung, selama masa jabatan terbayarkan tiga per empatnya. Itu juga kalau konsisten,” kata dia.

Namun, Irvan juga mengungkapkan, dianggarkannya dana untuk pembayaran hutang akan berdampak pada penggunaan SKTM di Cianjur. Setiap tahun dirinya hanya akan menganggarkan biaya SKTM senilai Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar.

“Jadinya dibatasi, tidak terlalu banyak anggaran yang dikeluarkan. Paling tidak biaya yang dibebaskan hanya 50 persen. Kecuali memang tidak mampu nanti ada pertimbangan lagi.”

Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, menuturkan, jika hutang tersebut sudah lunas, maka para warga miskin akan dialihkan menjadi anggota BPJS kesehatan.

“Nantinya seperti itu, tapi sekarang difokuskan bayar utang yang sudah puluhan miliar,” kata dia. (isl)

Comments

comments