6 Indikasi Tubuh Bugar

0
285

PATAS.ID – Pernahkah Anda naik tangga sejauh satu lantai dan terengah-engah ketika sampai di tujuan? Nah. Itu tandanya tubuh Anda tak bugar, Kawan! Dan kebugaran ternyata tak ada hubungannya dengan berat badan sama sekali. Beberapa survey membuktikan bahwa orang-orang bertubuh kurus pun banyak yang tak bugar. Jadi, inilah 6 indikasi bugar yang dirangkum patas.id untuk kita jadikan bahan evaluasi.

Mampu menyentuh jari kaki dengan mudah

Kemampuan menyentuh jari kaki dengan mudah tanpa merasakan otot tubuh merenggang dan sakit merupakan indikasi pertama tubuh yang fit atau bugar.

plank-challenge
Posisi tubuh plank

Bisa menahan tubuh di posisi plank/lurus selama 1 menit

Posisi lurus seperti plank (papan) adalah posisi yang memperlihatkan kekuatan otot perut dan punggung belakang. Jika kita kuat menahan posisi plank selama lebih dari 1 menit, artinya tubuh kita cukup bugar.

Mampu menyelesaikan lari sejauh 2 kilometer

Berlari sejauh 2 kilometer adalah sejenis tes kebugaran yang biasa dilakukan militer saat menerima prajurit baru. Dua kilometer dianggap jarak yang sedang untuk mengukur kemampuan jantung.

Tidur nyenyak
Tidur nyenyak di malam hari juga merupakan indikasi bugar. Orang-orang bertubuh fit biasanya tak kesulitan tidur nyenyak.

lunge
Gerakan lunge butuh keseimbangan.

Mampu melakukan lunge sebanyak 20 kali
Gerakan lunge akan menentukan kekuatan kaki dan pantat, juga keseimbangan. Jika kita bisa melakukan lunge sebanyak 20 kali tanpa limbung atau jatuh, artinya kita cukup bugar.

Mampu push up minimal 2o kali
Push up adalah musuh bersama. Tapi diakui atau tidak, kemampuan push up mengindikasikan kebugaran tubuh. Jika kita tak bisa mengangkat tubuh sendiri, apa kita bisa menganggap diri kita bugar?

Enam indikasi kebugaran di atas bukanlah sesuatu yang patut ditakuti. Namun jika kita tidak lolos tes kebugaran mendasar di atas, tak ada salahnya untuk mulai berlatih agar tubuh kita lebih sehat dan fit. (cho)

Comments

comments