Seluruh Puskesmas di Cianjur Telah Berstatus BLUD

0
344

PATAS.ID, Cianjur – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur menerima kunjungan Dinas Kesehatan Karawang terkait penyelenggaraan Puskesmas sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Aula Kantor Dinas Kesehatan. Pasalnya Cianjur dinilai sudah dengan baik dalam pembentukan Puskesmas BLUD bahkan sudah seluruhnya berstatus BLUD.

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy, mengatakan bahwa tahun ini jumlah Puskesmas yang berstatus BLUD sudah mencapai 45 puskesmas, atau sudah 100% dari jumlah yang ada.

“Kami naikan statusnya agar tidak ada kecemburuan dari setiap Puskesmas. Jadi, semua puskesmas jadi BLUD. Tapi itu juga hasil kajian dimana seluruh puskesmas sudah memenuhi syarat BLUD,” ujar Irvan usai agenda study banding, Kamis (29 September).

Menurut Irvan, dalam prosesnya nanti akan terlihat kepala Puskesmas yang dikelola dengan baik dan tidak. Mereka yang tidak mampu akan dibina kembali agar bisa berkembang.

“Seleksi alam akan berlaku, yang mampu akan bertahan dan yang tidak akan mundur sendirinya.”

Irvan menuturkan, penerapan BLUD tidak hanya berpatokan pada pengelolaan anggaran atau dari segi finansial, namun juga berkenaan dengan pelayanan dan fasilitas.

“Ini kan tujuannya mencerdaskan bangsa dan mesejahterakan warga. Meski BLUD, tetap biaya tidak mahal. Pelayanan meningkat tapi tidak membebankan pasien.”

Dari segi kepegawaian, Dinkes menilai Puskesmas Cianjur sudah mencukupi syarat BLUD, terutama dalam kuantitas tenaga medis. Bahkan mayoritas diantaranya sudah berijazah D3 dan S1.

“Memang yang masih minim itu di pengelolaan keuangan, sebab membutuhkan tenaga yang sesuai bidangnya.”

Meski demikian, Dinkes bakal berupaya meningkatkan pelayanan di BLUD. Dia menargetkan di tahun depan akan muncul Puskesmas BLUD yang terakreditasi. “Kalau bisa di beberapa tahun ke depan seluruhnya selain BLUD juga terakreditasi. Itu membuktikan pelayanan kesehatan di Cianjur sudah maksimal,” pungkas Irvan. (isl)

Comments

comments