Tradisi Idul Fitri di 20 Negara di Dunia (Bagian 2)

0
8

PATAS.ID – Di Indonesia, Lebaran identik dengan tradisi mudik, berkumpul bersama keluarga di kampung halaman dan menyantap penganan khas Lebaran seperti ketupat, opor, dan lain sebagainya. Tapi bagaimana tradisi Idul Fitri di negara-negara lainnya? Apakah sama dengan Indonesia? Kita intip yuk…

Mesir
Di Mesir, Idul Fitri adalah hari libur nasional yang dirayakan selama 3 hari. Semua kantor pemerintah, sekolah
dan universitas tutup pada hari tersebut. Makanan khas selama Idul Fitri di Mesir adalah kahk, yakni kue kacang
yang ditaburi gula halus yang sering dibuat di rumah atau dijual di toko roti. Hari pertama Idul Fitri ditandai
dengan sholat berjamahan sekeluarga di mesjid-mesjid. Kemudian, mereka berkunjung pada keluarga dan teman dekat, saling memberi ucapan “Eid Mubarak” atau “Selamat Hari Raya”. Anak-anak kecil biasanya mendapatkan angpau atau eid-ey-yah yang kemudian mereka pakai untuk bermain. Pada hari kedua dan ketiga Idul Fitri, keluarga muslim Mesir biasanya bertamasya ke bioskop, taman hiburan, atau pantai. Tempat wisata favorit Mesir saat Idul Fitri adalah kota pantai Sharm El Sheikh.

Afrika Selatan
Menjelang Idul Fitri, ratusan muslim Arika Selatan akan berkumpul di Green Point di Cape Town (ibu kota Afrika
Selatan) untuk menyakksikan berakhirnya Ramadhan. Selama berkumpul dan melihat bulan, mereka membawa makanan untuk dibagi-bagikan untuk berbuka puasa terakhir. Di hari perayaan, keluarga muslim Afrika Selatan akan melakukan sholat sunat di mesjid, lalu saling mengunjungi satu sama lain. Anak-anak kecil biasanya mendapat hadiah dan uang. Seperti di Indonesia, muslim Afrika Selatan juga biasanya memakai baju baru untuk merayakan hari kemenangan. Bedanya di sana, mereka juga saling bertukar kado.

Nigeria
Di Nigeria, Idul Fitri dirayakan selama dua hari dan ditandai dengan perayaan sholat sunat dan makan-makan
bersama keluarga besar. Muslim Nigeria saling mengucapkan “Barka da Sallah” pada sesama muslim lainnya, yang berarti “Selamat Hari Raya” dalam bahasa Hausa.

Inggris
Meskipun Idul Fitri tidak menjadi hari libur nasional di Inggris, namun banyak warga muslim yang merayakan Idul
Fitri dengan berbondong-bondong pergi ke mesjid untuk sholat sunat. Setelahnya, mereka biasa mengunjungi makam untuk berdoa bagi keluarga yang telah meninggal, menggelar pesta perayaan dan saling mengunjungi satu sama lain, atau pergi ke taman-taman bermain.

Filipina
Filipina adalah satu-satunya negara Kristen yang menjadikan Idul Fitri sebagai hari libur nasional, terhitung sejak tahun 2002. Di sana, Idul Fitri dikenal dengan nama “Wakas ng Ramadan”. Pada Idul Fitri, muslim
Filipina biasanya berkumpul di Stadion Qurino Grandstand dan Mesjid Emas Manila untuk melakukan sholat sunat.

BACA: Tradisi Idul Fitri di 20 Negara di Dunia (Bagian 1)

BACA: Tradisi Idul Fitri di 20 Negara di Dunia (Bagian 3)

BACA: Tradisi Idul Fitri di 20 Negara di Dunia (Bagian 4)

Comments

comments