Lawatan 31 Hari Raja Salman ke 6 Negara Asia

0
265

PATAS.ID – Pemimpin Saudi Arabia, Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud (81 tahun), mulai pekan depan akan melakukan lawatan ke enam negara Asia selama 31 hari. Pengurus 2 Mesjid Suciini pertama-tama akan mengunjungi Malaysia.

Di Malaysia, kedua negara akan menandatangani sejumlah perjanjian dan nota kesepakatan untuk memperkuat hubungan dan kerja sama kedua negara. “Kedatangan Raja Salman ke Malaysia akan memiliki dampak besar dan membuka banyak peluang bagi Malaysia,” ujar Menteri Abdul Rahman Dahlan dari Kantor Perdana Menteri Malaysia.

Setelah kunjungan 3 hari di Malaysia, Raja Salman akan menuju Indonesia yang berharap kedatangan Sang Raja setidaknya akan membawa serta investasi sebesar $25 miliar. Kunjungan ke Indonesia akan berlangsung mulai 1-9 Maret 2017. Raja Salman diperkirakan membawa Raja Faisal Bin Abdul Aziz Al Saud (46 tahun) dalam kunjungannya tersebut.

Dari Indonesia, Raja Salman akan menuju China dalam lawatan selama 4 hari, kemudian menuju Jepang dan berencana menghabiskan waktu selama 3 hari di negara tersebut. Sama halnya dengan kunjungan ke Indonesia, kunjungan ke Jepang juga merupakan kunjungan bersejarah karena Raja Salman akan menjadi raja pertama yang mengunjungi Jepang semenjak Raja Faisal pada 1971.

Di Jepang, Raja Salman akan memperluas kerjasama antar kedua negara yang awalnya hanya berfokus pada minyak bumi, dikembangkan dengan agenda reformasi “Vision 2030” yang berfokus pada diversifikasi ekonomi dan modernisasi masyarakat.

Lepas dari Jepang, Raja Salman akan terbang menuju Maladewa. Raja Salman pernah mengunjungi Maladewa sebelumnya selama hampir sebulan penuh. Di negara indah tersebut, pada 2014, Raja Salman yang saat itu masih bergerlar Pangeran, menyewa 3 pulau peristirahatan untuk dirinya dan 100 pengawal, menghabiskan uang sekitar $30 juta serta tak lupa membawa rumah sakit terapungnya sendiri. 

Dari Maladewa, King Salman akan menuju Jordania pada 27 Maret 2017 untuk menghadiri event tahunan Arab Summit. (cho)

Comments

comments