Beijing Melarang Warganya Pesta Kembang Api

0
194

BEIJING, patas.id – Pemerintah Kota Beijing meminta agar aparat kota memberi contoh pada warga untuk tidak menyalakan petasan dan kembang api pada perayaan Imlek tahun ini. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi kota yang sedang diliputi asap tebal polusi.

Hari Raya Imlek atau Perayaan Tahun Baru Cina di Beijing biasanya ditandai dengan pesta kembang ai dan petasan. Menurut kepercayaan Cina, kembang api dan petasan akan membawa keberuntungan dan mengenyahkan roh-roh jahat. Di perayaan Imlek tahun-tahun sebelumnya, kota akan dilingkupi asap selama berjam-jam saking banyaknya petasan dan kembang api yang disulut.

Namun tahun ini, berkenaan dengan polusi udara yang mendera hampir seluruh penjuru Cina, Pemkot Beijing menyarankan aparat pemerintahnya untuk tidak menyalakan kembang api dan petasan. Dalam pernyataan resminya, Pemkot Beijing mengungkapkan bahwa kesadaran dan tanggung jawab lingkungan harus dimiliki oleh setiap warga.

“Secara proaktif, ajaklah teman dan keluarga untuk tidak menyalakan kembang api dan petasan, untuk bersama-sama meningkatkan kualitas udara serta melakukan aksi agar udara ibukota menjadi biru kembali.”

Dilansir China Daily, untuk mendukung program Imlek tanpa kembang api dan petasan tersebut, Pemkot Beijing juga telah membatasi perijinan toko kembang api dari tahun sebelumnya 719 toko menjadi hanya 511 toko, itu pun yang berlokasi di pinggiran kota saja. Selain Beijing, Provinsi Henan juga melarang warganya menyalakan kembang api dan petasan.

Upaya-upaya membersihkan udara kota ini dipicu oleh bertambah parahnya polusi akibat industri batu bara dan pemanas ruang yang banyak berlokasi di wilayah utara, termasuk Beijing. Polusi semakin menyesakkan warga pada musim dingin, dan petasan serta kembang api dikhawatirkan akan memperburuk keadaan yang sudah buruk.

Perayaan Imlek di Cina merupakan event mudik terbesar di dunia. Ratusan juta pekerja akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Tahun Ayam Jago bersama keluarga dengan menaiki pesawat, kereta api, bus, kapal laut, dan lain sebagainya. Bagi sebagian besar warga Cina, libur Imlek selama 4 hari merupakan satu-satunya hari libur yang mereka miliki. (cho)

People wait for their trains at Hongqiao train station in Shanghai, ahead of Chinese New Year, January 28, 2014. About 3.62 billion trips will be made during the 40-day Spring Festival travel rush which started from January 16, an official said, Xinhua News Agency reported. REUTERS/Carlos Barria (CHINA – Tags: SOCIETY TRANSPORT TPX IMAGES OF THE DAY)

 

Comments

comments