Tergerus Longsor Salju, Puluhan Tamu Hotel Belum Ditemukan

0
262

ROMA, patas.id — Gempa bumi berturut-turut sebesar 5 SR yang disusul longsor menyebabkan Hotel Rigopiano tergerus salju, Rabu (18 Januari 2017), waktu setempat. Puluhan tamu serta staf hotel hingga kini belum ditemukan. Tim Search and Rescue (SAR) mengalami kesulitan karena cuaca buruk serta timbunan salju yang keras dan tebal.

Hanya ada dua korban selamat dalam kejadian tersebut, salah satunya adalah Giampiero Parete (38 tahun), yang sedang mengambil sesuatu di mobilnya, di luar hotel. Crocetta yang menginap beserta istri dan 2 anaknya, juga tertimbun salju saat berada di mobil, namun berhasil membebaskan diri. Parete mencoba menghubungi aparat, namun gempa bumi yang mengguncang kota menyebabkan saluran telepon terputus. Di Roma pada saat yang sama, stasion kereta api juga ditutup.

Bantuan baru datang hari Kamis (19 Januari 2017) dini hari, berupa helikopter dan tim ski untuk memberikan pertolongan pertama. Namun kondisi hotel yang tertimbun hingga atap menyulitkan petugas. Baru pada Kamis siang, truk pembersih salju dan peralatan evakuasi berhasil didatangkan. Itu pun sia-sia saja. Hingga berita ini ditulis, baru satu mayat yang ditemukan.

Dua puluh dua orang tamu dan tujuh staf hotel Rigopiano diperkirakan tewas. Selain warga Italia, juga terdapat warga Rumania. Di antara mereka terdapat beberapa tamu berusia kanak-kanak. Namun tim SAR memperkirakan jumlah korban sedikitnya 35 orang. “Kami perkirakan jumlahnya sekitar 35 orang,” tutur Antonio Crocetta, salah seorang Tim SAR dari Abruzzo Mountain Rescue, seperti dilansir ANSA.

Departemen Proteksi Sipil Italia mengungkapkan bahwa mereka menurunkan 20 anggota tim penyelamat termasuk 7 pemadam kebakaran, dua tim penyelamat gunung, serta enam ambulan. Saat mereka tiba, hotel bintang empat yang bertingkat 3 tersebut sudah dalam keadaan tertimbun salju serta reruntuhan puing. Hanya atap hotel saja yang masih terlihat. Selain itu, hotel diperkirakan bergeser sejauh 10 meter dari pondasinya.

Saat Tim SAR berhasil menggali dan masuk ke tingkat lantai paling atas gedung, mereka dihadapkan pada tantangan baru yakni lorong-lorong dan tangga yang tersumbat salju. Tak ada korban menjawab saat Tim SAR memanggil-manggil. Menurut korban selamat, para tamu tengah berkumpul di lantai dasar saat peristiwa terjadi. Artinya, Tim SAR harus menggali lebih jauh lagi.

Luca Cari, juru bicara Pemadam Kebakaran, mengungkapkan bahwa kecil kemungkinan ada korban yang selamat. “Bangunan hotel seluruhnya terkubur salju. Aku menemukan kasur yang nampaknya tergerus sejauh ratusan meter dari bangunan utama. Ini menunjukkan betapa luasnya wilayah pencarian. Kami harus menggali berton-ton salju serta menyingkirakan batang pohon-pohon besar, serta puing-puing bangunan.”

Untuk melihat sulitnya aksi pencarian, tonton videonya di SINI.(cho)

Comments

comments