Nilai Investasi Singapura Naik 2 Kali Lipat Dibanding 2015

0
241

SINGAPORE, patas.id – Pemerintah Indonesia dan Singapura merayakan hubungan diplomatik  dan bilateral antara kedua negara yang telah terjalin selama 50 tahun, Selasa (17 Januari 2017) di Mandarin Orchard. Perayaan digelar atas kerjasama Singapore Manufacturing Federation serta kedutaan Indonesia in Singapura.

Dilansir dari Straitstimes, mewakili Indonesia dalam event tersebut adalah Wakil Mentri Luar Negeri Indonesia Dr A.M. Fachir,  yang dalam pidato sambutannya menyatakan bahwa stabilitas regional antara kedua negara merupakan aset yang sangat penting. Selain itu, dengan bangga Fachir menyebutkan peringkat kondisi bisnis Indonesia telah naik. Berdasar penilaian dari Bank Dunia, peringkat kondusivitas Indonesia naik dari peringkat 106 tahun sebelumnya menjadi ke-91 tahun ini.

Sementara itu Menteri Perdagangan dan Industri Singaura, Lim Hng Kiang, menekankan fakta bahwa hubungan kedua negara semakin baik dan semakin kuat. Bahkan di 9 bulan pertama di tahun 2016 saja, Singapura telah menanamkan investasi sebesar US$7,1 miliar di Indonesia, atau dua kali lipat dari investasi tahun 2015.

“Fokus Indonesia dalam mengembangkan infrastruktur memberi kesempatan bagi perusahaan-perusahaan Singapura yang memiliki keahlian dalam bidang komunikasi, penyediaan alat, energi, serta transportasi.”

Pada tahun 2015, perdagangan kedua negara mencapai nilai US$58,7 miliar, menjadikan Indonesia sebagai kongsi dagang keempat terbesar mereka. Bagi Indonesia sendiri, perdagangan dengan Singapura menduduki peringkat ke-3 terbesar secata transaksi. (cho)

Comments

comments