Kekayaan 8 Orang Ini Setara Kekayaan Setengah Penduduk Bumi

0
306

PATAS.ID – Jurang antara si Kaya dan si Miskin semakin jauh. Baru-baru ini, Oxfam merilis pernyataan bahwa jumlah kekayaan 8 orang terkaya di dunia tahun ternyata setara dengan kekayaan 3,6 milyar penduduk dunia lainnya. Dengan kata lain, 8 orang tersebut sama kayanya dengan setengah penduduk bumi disatukan!

Tahun lalu, butuh 62 orang terkaya dunia untuk menyamai jumlah kekayaan setengah penduduk bumi. Fakta ini mengungkapkan bahwa si Kaya makin kaya, sedangkan si Miskin makin miskin, demikian menurut Oxfam. Penemuan ini dipublikasi dalam event “World Economic Forum” yang berlangsung 17-20 Januari 2017 di kota pegunungan Davos, Swiss. Dalam forum tersebut, hadir 3.000 peserta yang terdiri dari para pengusaha, diplomat, tokoh politik, serta pemimpin bisnis dunia.

Tema World Economic Forum tahun ini berfokus pada tantangan-tantangan ekonomi yang akan dihadapi di tahun 2017, yakni: Memperkokoh Kerjasama Global, Revitalisasi Pertumbuhan Ekonomi, Reformasi Kapitalisme, serta Revolusi Industri Keempat. Event tahunan ini akan dibuka oleh Presiden Cina, Xi Jinping.

Oxfam sendiri adalah sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang pengentasan kemiskinan. Organisasi ini didirikan tahun 1942 dan bermarkas di Oxford, Inggris. Data mengejutkan yang dikeluarkan Oxfam dalam World Economic Forum tersebut diakui berasal dari data baru yang dikumpulkan oleh Credit Suisse dan rencananya akan menjadi agenda diskusi internasional.

Delapan orang terkaya dunia yang jumlah nilai kekayaannya setara dengan jumlah kekayaan setengah penduduk bumi tersebut adalah:

  • Bill Gates, pemilik Microsoft, orang terkaya di dunia, jumlah kekayaan $75 miliar.
  • Amancio Ortega Gaona, pemilik perusahaan fashion Inditex, jumlah kekayaan $67 miliar.
  • Warren E. Buffett, pimpinan Berkshire Hathaway, jumlah kekayaan $60,8 miliar.
  • Carlos Slim Helu, pemilik bisnis telekomunikasi, jumlah kekayaan $50 miliar.
  • Jeff Bezos, pendiri Amazon, jumlah kekayaan $45,2 miliar.
  • Mark Zuckerberg, pencipta Facebook, jumlah kekayaan $44,6 miliar.
  • Lawrence J. Ellison, pendiri Oracle, jumlah kekayaan $43,6 miliar.
  • Michael R. Bloomberg, pendiri raksasa data Bloomberg, jumlah kekayaan $40 miliar atau sekitar Rp 534 triliun. (cho)

Comments

comments