Gempa 7,8 Skala Ritcher Mengguncang Selandia Baru

0
221

SELANDIA BARU, patas.id – Serangkaian gempa berkekuatan besar yang mengakibatkan tsunami mengguncang Selandia baru hari Senin (14 November 2016). Gempa pertama dengan kekuatan 7,8 skala Ritcher datang pada tengah malam di wilayah Kaikoura, sekitar 93 kilometer dari kota Christchurch.

Gempa tersebut mengakibatkan datangnya tsunami setinggi 8 meter di pesisir Kaikoura dua jam kemudian. Pada pukul 01.30 dini hari, gempa kedua menyusul dengan kekuatan 6,3 skala Ritcher.

Gempa bumi dan tsunami tersebut mengakibatkan lumpuhnya jalur antara Kaikoura menuju kota terdekat seperti Christchurch, Hanmer Springs dan Blenheim. Sedikitnya 2 orang dilaporkan meninggal dunia dan ribuan orang telah dievakuasi dari rumah-rumah mereka seiring masih terus terjadinya gempa susulan di daerah tersebut. Di media sosial, penduduk Selandia Baru berbaik hati menawarkan tempat menginap bagi para korban yang terpaksa dievakuasi.

gempa-selandia-baru1 gempa-selandia-baru gempa-selandia-baru4

Tamara Hunt, salah seorang warga, mengaku sangat sangat ketakutan dengan peristiwa tersebut. Saat gempa selama 2 menit tersebut terjadi, dia tengah beristirahat bersama suaminya.

“Ini adalah gempa bumi terdahsyat yang pernah kurasakan. Awalnya kecil, seperti ada kucing yang berjalan di atas kasur, tapi lama-lama guncangannya semakin kuat sehingga kami harus berlari keluar rumah. Barang-barang berjatuhan, pintu-pintu bergoyang, air dalam kolam renang kami susut. Ngeri sekali.”

Selandia baru adalah wilayah rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi karena terletak pada zona pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dan Pacifik. gempa terakhir yang melanda Christchurch terjadi pada 2011 dengan kekuatan 6,3 SR. Gempa 2011 tersebut menyebabkan 185 korban meninggal dunia dan pusat kota luluh lantak. (cho)

Comments

comments