Lima Belas Ribu Jemaat Ramai-ramai Unsubscribe

0
183

Agama nasional Norwegia, yaitu Gereja Evangelical Lutheran kehilangan sekitar 15.000 jiwa jemaat hanya dalam waktu 4 hari. Hal ini terjadi karena pihak gereja menambahkan fitur di website mereka yang memungkinkan jemaatnya untuk unsubscribe (berhenti berlangganan informasi) dari agama tersebut.

Penambahan fitur tersebut ternyata menjadi bumerang, karena begitu diluncurkan, sebanyak 10.854 jemaat langsung mengklik fitur tersebut hanya dalam tempo 24 jam. Beberapa hari berikutnya, 5.000 jemaat meninggalkan gereja. Namun selain yang memilih keluar, pihak gereja cukup puas karena mendapatkan 549 jemaat baru yang mendaftar di situs mereka.

Direktur Dewan Gereja Evangelical Lutheran, Jens-Petter Johnsen, mengatakan bahwa banyaknya jemaat yang keluar di hari pertama menunjukkan bahwa selama ini banyak orang yang memang ingin lepas dari institusi gereja. “Meskipun untuk keluar dari gereja ini tidak sulit, namun banyak jemaat kerepotan saat harus mengisi formulir administrasi. Fitur tambahan di website gereja kami memang dimaksudkan untuk mempermudah mereka keluar,” tuturnya.

Juru bicara gereja, Kristin Gunleiksrud, menambahkan bahwa pihaknya akan terus melanjutkan misi menjadi gereja milik warga yang hangat dan terbuka, “Tapi kami takkan memaksa kehendak orang lain. Jadi kami benar-benar lega fitur ini tersedia di website kami.”

Gereja Evangelical Lutheran mengklaim meiliki 3,8 juta jemaat di seluruh Norwegia berdasar data tahun 2012.

Comments

comments