Bermodus Jualan Hijab, Remaja Tipu 1 Miliar

0
77

CIANJUR, patas.id – Jajaran Satreskrim Polres Cianjur berhasil mengungkap penipuan berkedok investasi hijab, yang telah merekrut sekitar 100 orang korban dengan total kerugian sekitar Rp 1 miliar.

Kasus berawal dan terungkap setelah para korban secara bergelombang melapor ke Polres Cianjur karena keuntungan 20 persen yang dijanjikan tersangka AP (23 tahun) dari setiap investasi yang ditanamkan tak semanis yang dibayangkan alias macet.

Merasa kena tipu daya pelaku, para korban secara detil membeberkan kerugian yang dialami agar tersangka dapat segera ditangkap dan diproses secara hukum.

Menanggapi hal teraebut, Wakapolres Cianjur, Kompol Santiadjie Kartasasmita, langsung memerintahkan jajaran Satreskrim untuk segera mengusut laporan para korban dan mengamankan pelaku yang belakangan diketahui seorang perempuan.

“Berbekal informasi dan keterangan dari para korban, jajaran Satreskrim langsung melakukan penyelidikan. Setelah alat bukti cukup kasus ditingkatkan ke penyidikan dan keberadaan pelaku mulai terendus,” kata Santiadjie, di Mapolres Cianjur, Rabu (18 Juli 2018).

Santiadjie mengatakan karena informasi dan penyidikan yang matang, akhirnya dalam waktu yang tak begitu lama pelaku pun berhasil diamankan.

“Jadi setelah kami dalami, tersangka membuat sebuah perjanjian kerja sama dengan para korban, janji manisnya setiap bulan para korban akan mendapat keuntungan sebesar 20 persen,” kata dia.

Santiadjie berpesan kepada warga agar berhati-hati dalam melakukan investasi agar tak merugi dan tak menjadi korban investasi bodong alias palsu.

Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Achmad Gunawan mengatakan dari sekitar 100 korban ia sudah memeriksa secara intensif sebanyak 15 orang korban.

“Penipuan berkedok investasi ini sudah berjalan sekitar satu tahun, modusnya dilakukan kebanyakan di media sosial untuk penawaran sebelum bertemu dan membuat surat perjanjian,” kata Achmad.

Achmad mengatakan dari penuturan tersangka, uang hasil menipu tersebut digunakan untuk keperluan sehari-hari. (daz/*)

Comments

comments