Polisi Ikut-ikutan Awasi Dana Desa

0
130

CIANJUR, patas.id – Polres Cianjur meningkatkan pengawasan penggunaan dana desa (DD). Hal itu, untuk mengantisipasi terjadinya penyelewangan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, melalui Kasat Reserse dan Kriminal (Reskrim), AKP Benny Cahyadi, mengatakan, pengawasan dana desa yang dilakukan jajarannya, yaitu dengan membentuk tim khusus yang akan fokus ke masing-masing pemerintahan desa di Kabupaten Cianjur.

Selain itu, jelas Benny, jajarannya melakukan koordinasi dengan para kepala unit (Kanit) di tiap polsek. “Tim ini akan fokus melakukan pengawasan ke setiap desa terkait penggunaan dana tersebut. Kami juga memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak di setiap desa,” jelas Benny kepada wartawan, Minggu (25 Februari 2018).

Benny menyebutkan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah desa yang terindikasi terjadi penyimpangan dalam penggunaan dana desa itu. “Ada beberapa desa yang telah kami lakukan pemeriksaan, untuk jumlahnya belum dapat kami sebutkan karena masih dalam proses pemeriksaan,” katanya.

Benny menuturkan, peningkatan pengawasan terkait penggunaan dana desa itu agar para kepala desa tak salah langkah dalam menggunakan dana yang bersumber dari APBN itu.

“Tentunya, pengawasan ini bentuk kepedulian Polri terhadap peningkatan pembangunan yang ada ditingkat desa, sehingga perlu pengawasan yang ekstra dari semua pihak termasuk masyarakat,” tuturnya. (daz/*)

Comments

comments