Tak Ada Sniper, Polres Siapkan Satgas Antikejahatan

0
160

CIANJUR, patas.id – Polres Cianjur menyiapkan satgas antikejahatan di titik rawan aksi kriminalitas di Kabupaten Cianjur. Hal itu dilakukan untuk memastikan Cianjur tetap aman saat libur panjang Natal dan Tahun Baru.

“Untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru kali ini kami tidak menyiapkan sniper, namun ada satgas antikejahatan, baik di pengamanan terbuka maupun tertutup,” ujar Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, kepada wartawan di Mapolres Cianjur, Kamis (21 Desember 2017).

Menurutnya, satgas tersebut bakal ditempatkan juga di pos pengamanan dan pos pelayanan di sejumlah tempat wisata di Cianjur. “Jadi kami inginkan saat libur panjang ini Cianjur tetap aman dan nyaman untuk wisatawan,” katanya.

Dia menambahkan, pengamanan tersebut sudah mulai berjalan, sebab gelar pasukan sudah dilaksanakan Kamis pagi. Sebanyak 633 personel Polres Cianjur ditambah 485 personel gabungan dan 15 anggota Brimob Polda Jabar diterjunkan dalam pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2017.

“Operasi Lilin Lodaya ini berlangsung mulai 23 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018. Untuk awal operasi kami akan fokuskan sterilisasi ke gereja-gereja yang digunakan beribadah oleh umat kristiani. Makanya Tim Jihandak Brimob dilibatkan khususnya untuk agenda tersebut,” kata dia.

Menurutnya, ada 13 pos keamanan disiapkan di tempat atau pusat kegiatan warga.Khusus untuk Cibodas, Kota Bunga, Jangari, Jayanti, hingga Taman Bunga Nusantara bakal dibuat pos layanan, sehingga wisatawan dapat menanyakan berbagai informasi kepada petugas di sana.

“Kalau sebelumnya hanya ada pospam, nanti juga dibuat pospal atau pos pelayanan. Itu sudah disiapkan seluruhnya,” kata dia.

Soliyah menambahkan, beberapa hal yang perlu diperhatikan saat libur panjang tersebut salah satunya kemacetan, oleh karena itu polisi bersama tim gabungan menyisir terminal bayangan yang menjadi penyebab kemacetan.

“Sudah jadi agenda rutin, dimana momen libur panjang berimbas pada kemacetan. Dengan adanya kemacetan antisipasi dari sekarang, Dishub dan Satpol PP melaksanakan kebersihan biasanya terminal bayangan serta lahan parkir termasuk adanya pedagang liar dan pasar tumpah,” tuturnya. (isl)

Comments

comments