Polisi Cilik Bagi-bagi Bunga

0
219

CIANJUR, patas.id – Belasan polisi cilik Polres Cianjur membagikan setangkai bunga kepada setiap pengemudi yang sudah mematuhi aturan lalu lintas. Hal itu dilakukan bertepatan dengan hari pertama Operasi Zebra Lodaya,‎ Rabu (1 November 2017).
Meski masih diliputi rasa malu, para polisi cilik yang rata-rata duduk di kelas 5 sampai 6 SD itu‎ menyapa setiap pengendara. Setelah diberhentikan oleh anggota Satlantas, mereka kemudian memberikan imbauan sekaligus sosialisasi untuk selalu membawa surat kendaraan secara lengkap dan mentaati aturan lalu lintas.

Setelah itu, setangkai bunga pun diberikan pada pengendara. Tidak hanya pengendara sepeda motor, polcil itupun juga menyosialisasikan tertib lalu lintas kepada pengemudi mobil.

Salah seorang angota Polcil, Anugrah (12 tahun), mengaku sudah tiga kali mengikuti sosialisasi dalam agenda operasi kendaraan bermotor. Dia merasa senang bisa turut serta dalam kegiatan itu dan bisa mengingatkan setiap orang untuk berkendara dengan baik, mengikuti aturan, dan menjaga keselamatan. 

“Memang kadang grogi, tapi senang. Bisa membantu bapak polisi. Sudah setahun bergabung Polcil, dan tiga kali ‎ikut sosialisasi razia kendaraan bermotor,” ucapnya.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Cianjur, Ipda Jaelani, mengatakan, dilibatkannya polcil dalam hari pertama Operasi Zebra Lodaya itu untuk mengingatkan pengendara agar lebih sadar untuk berkendara dengan aman.

“Mereka memberikan bunga sebagai bentuk cinta pada pengendara yang taat berlalu lintas,” ucap dia.

Menurutnya, dalam agenda operasi zebra yang digelar 1 November 2017 sampai 14 November 2017 itu difokuskan pada penindakan pengendara yang melawan arus, parkir di trotoar, alat keselamatan, dan rotator bagi kendaraan pribadi.

“Hari ini sudah cukup banyak yang ditindak, termasuk yang menggunakan rotator,” kata dia.

Dia menambahkan, kegiatan razia dan sosialisasi pun dilakukan agar angka kecelakaan lalu lintas bisa menurun. “Ketika pengendara sadar berlalu lintas dengan aturan, tingkat kecelakaan pun diharapkan bisa menurun,” tuturnya. (isl)

Comments

comments