Enam Pelaku Perampokan Minimarket Dicokok, Dua Masih Buron

0
345

CIANJUR, patas.id – Enam pelaku perampokan beberapa minimarket serta aksi pembegalan dicokok aparat Satreskrim Polres Cianjur, Kamis (1 Juni 2017). Diduga mereka melakukan aksi untuk menunjukkan jati diri kelompoknya.

Dalam gelar perkara di Mapolres Cianjur, Kasatreskrim Polres Cianjur AKP Benny Cahyadi ‎mengatakan bahwa keenam pelaku yang terakhir kali melakukan perampokan di toko Alfamart di Cibeber masing-masing berinisial BD (19 tahun), RT (30 tahun), SM (21 tahun), ES (25 tahun), RA (20 tahun), dan PR (25 tahun).

“Pelaku seluruhnya berjumlah delapan orang, namun yang berhasil ditangkap baru enam orang. Dua lainnya masih dalam proses pencarian.”

Menurut Benny, para pelaku melakukan aksinya selama lima hari terakhir, termasuk saat Ramadhan. Aksi mereka meliputi pencurian dengan kekerasan serta pembegalan. Minimarket yang buka sampai larut malam pun menjadi sasaran kelompok tersebut.

“Selain minimarket, mereka juga melakukan perampasan terhadap pejalan kaki dan pengendara. Bahkan jika targetnya melawan, pelaku tidak segan melakukan penganiayaan.”

Hingga kini, ada lebih kurang tiga orang korban aksi para pelaku yang masih ‎menjalani perawatan medis di RSUD Cianjur. Luka yang diderita korban disebabkan pembacokan dengan golok serta senjata tajam lainnya. “Kami juga amankan sejumlah senjata tajam yang digunakan untuk melukai korbannya,” ujar Benny.

Benny mengungkapkan bahwa para pelaku melakukan aksinya untuk menunjukan eksistensi kelompok atau gengnya. Namun diduga masih ada dorongan lain yang membuat para remaja tersebut melakukan aksi kekerasan dan pencurian di banyak titik tersebut.

“Informasi awal mereka ingin jati diri atau nama kelompoknya dikenal, makanya sampai tega melakukan aksi tersebut.”

Atas tindakan tersebut, para pelaku dikenai Pasal 365 KUHP Ayat 2 poin (2) dan (4) untuk pencurian disertai kekerasan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (isl)

Comments

comments