Ribuan Botol Miras Dismusnahkan di Mapolres

0
231

CIANJUR – Ribuan botol minuman keras (miras) dari berbagai jenis dimusnahkan di lapangan tembak Mapolres Cianjur, Jumat (26 Mei 2017) pagi.

Pemusnahan miras bermerek dan oplosan itu dilakukan oleh unsur Muspida Kabupaten Cianjur, ‎mulai dari Pemkab Cianjur yang langsung dihadiri oleh Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, Kapolres Cianjur Arif Budiman, MUI, dan lainnya.

Kapolres Cianjur, AKBP Arif Budiman, mengatakan, miras yang dimusnahkan lebih kurang sebanyak 3.500 botol yang terdiri dari miras bermerk dan opolosan yang diamankan selama Operasi Pekat Lodaya menjelang Ramadhan.

“‎Ini merupakan bentuk rasa tanggungjawab moral agar Cianjur kondusif, terlebih saat melaksanakan ibadah puasa. Semoga puasanya lancar dan diberikan hati yang tenang selama menjalankannya.”

‎Meski begitu, Arif masih mengkhawatirkan peredaran miras di Cianjur, khususnya minuman oplosan. Pasalnya dengan bermodalkan alkohol murni yang dijual bebas di apotek atau toko lainnya, para penenggak miras bisa meracik sendiri minumannya.

“Ini yang perlu dikhawatirkan, bagaimana ke depan mengantisipasi para penenggak miras oplosan yang meracik sendiri minumannya, sebab kebanyakan kejadian korban jiwa akibat miras oplosan yang kadar dalam campurannya dimasukan seenaknya.”

Ketua MUI Kabupaten Cianjur, KH Abdul Halim, menuturkan bahwa peredaran miras di Cianjur belum sepenuhnya hilang meskipun setiap tahun selalu ada yang dirazia dan dimusnahkan. “Walaupun begitu, kita harus terus berusaha memberantas keberadaannya,” ujarnya.

Sementara itu ‎Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, mengungkapkan bahwa pemusnahan tersebut merupakan yang kedua kalinya selama masa jabatannya. Dia pun mengapresiasi tindakan Polres Cianjur yang terus memberantas kemaksiatan khususnya peredaran miras.

“Ini yang kedua kalinya selama saya menjabat. Tentunya saya apresiasi tindakan dari Polres. Kami pun siap untuk bekerja sama dan memfasilitasi apapun untuk memberantas atau meminimalisir peredaran miras di Tatar Santri ini,” ucapnya. (isl)

Comments

comments