Makanan Tak Layak Konsumsi Masih Dipajang di Supermarket

0
333

CIANJUR, patas.id – Kasatreskrim Polres Cianjur, AKP Benny Cahyadi, mengatakan bahwa pihaknya bersama sejumlah OPD di Lingkungan Pemkab Cianjur dan Bulog Subdivre Cianjur akan rutin menggelar pengawasan di supermarket, toko modern, dan pasar tradisional menjelang dan selama Ramadan.

Menurutnya, operasi dilakukan untuk menjaring makanan kadaluarsa yang sudah seharusnya tidak diperjualbelikan sebab bakal merugikan konsumen.

“Seperti yang hari ini dilakukan, kami menemukan sejumlah makanan yang tidak layak konsumsi masih begitu saja dipajang untuk diperjualbelikan.”

Menurutnya, makanan kadaluarsa yang ditemukan dalam sidak akan dibawa untuk dijadikan barang bukti. Pemilik atau penanggungjawab supermarket pun akan dibawa untuk dimintai keterangan.

“Hari ini, barang kadaluarsa yang kami temukan relatif beragam, dari minuman, makanan ringan, makanan siap saji, hingga bahan-bahan makanan. Tentunya akan kami bawa sebagai barang bukti, penanggungjawab pun bakal diperiksa untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” ujarnya.

BACA: Bahaya Makanan Kadaluarsa Menurut Dinkes Cianjur

Benny mengatakan, agenda sidak tidak hanya dilakukan sekali, melainkan akan rutin, terutama saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Pemkab Cianjur pun akan dilibatkan saat sidak maupun mengambil langkah antisipasi seperti sosialisasi kepada konsumen dan pemilik toko atau supermarket.

“Ini baru tahap awal, nanti rutin setiap pekan kami periksa, supaya pedagang nakal tidak menjual produk kadaluarsa.”

Sementara itu, Store Manager Hypermart, Kukus Marsiwi, menuturkan, pihaknya sudah setiap hari melakukan pemeriksaan barang, yang sudah mendekati masa kadaluarsa pun dibawa dan tidak dijual lagi.

BACA: Menjelang Ramadhan, Sejumlah Supermarket Didatangi Petugas Gabungan

“Namun kami akui masih ada beberapa yang tertinggal, dan ini jadi bahan evaluasi kami agar lebih konsen untuk kepentingan konsumen. Apalagi kami juga sudah komitmen untuk menyajikan produk yang berkualitas, tidak rusak ataupun kadaluarsa,” katanya. (isl)

Comments

comments