Nah Loh, Ada Teh Arab di Cianjur

0
257

CIANJUR, patas.id – Badan Narkotika Nasional ‎Kabupaten (BNNK) Cianjur, telah menemukan keberadaan ‘teh arab’ di Cianjur. Baru sedikit barang bukti yang terkumpulkan, sehingga masih terus ditelusuri.

Kepala BNNK Cianjur, Hendrik, mengatakan, sejak mendapatkan instruksi dari BNN untuk melacak keberadaan tanaman yang mengandung zat selayaknya narkoba jenis lain, BNNK Cianjur langsung melakukan pencarian informasi.

“Baru-baru ini kami dapat informasi jika tanaman yang sering disebut teh arab itu sudah ditanam di wilayah Cianjur,” ujar dia.

Menurutnya, tanaman tersebut berhasil didapatkan dari salah satu komunitas, dengan harga per batang mencapai Rp 50 ribu.

“Kalau pengunaanya diseduh seperti teh, tapi tidak tahu ini satu batang bisa untuk berapa kali pemakaian. Kami baru dapat satu batang, itupun dari hasil pembelian ke salah satu komunitas,” katanya.

Hendrik, menuturkan, ditemukannya tanaman tersebut membuat pihaknya menduga kuat jika ada banyak warga yang menanam. Namun, mayoritas warga yang menanam tidak tahu jenis tanaman tersebut, baik karena saat penanaman disuruh oleh seseorang atau tergiur dengan keuntungan tanpa mencari tahu jenis tanamannya terlebih dulu.

BNNK pun rencananya akan berkoordinasi dengan Pemkab Cianjur untuk mencari dan membeli tanaman teh arab dalam jumlah banyak untuk pengungkapan kasus. Tetapi dia belum bisa memastikan apakah petani juga dikenakan sanksi pidana atau tidak, sebab mayoritas tidak tahu mereka menanam apa.

“Dari hasil temuan ini akan koordinasi dengan pemkab. Nanti kalau pak bupati sudah setuju untuk tindak lanjut, kami akan bergerak bersama. Terkait tindakan pada petaninya, kami komunikasi dulu dengan pusat, sebab kebanyakan petani hanya disuruh menanam dan tidak tahu apa-apa,” katanya.(isl)

Comments

comments