Tak Ada Dalam Data, Polres Cianjur Lacak Keberadaan Kernet Bus Kitrans

0
261

CIANJUR, patas.id – Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Erik Bangun Prakasa, mengaku pihaknya tengah mencari dan melacak keberadaan kernet bus. Pasalnya, data kernet bus tersebut tidak ada dalam daftar korban luka apalagi korban meninggal dunia.

“Selepas kejadian, kernet bus itu tidak ada dalam data dan setelah dicari juga tidak ditemukan di sekitaran lokasi atau rumah sakit. Makanya sedang kami cari,” ujarnya.

Menurut Erik, keterangan dari kernet bus sangat diperlukan dalam kasus kecelakaan maut yang menelan korban jiwa sampai 12 orang dan puluhan lainnya luka-luka tersebut. Meskipun tersangka dalam kasus ini merupakan sopir yang lalai, namun dimungkinkan ada tindak pidana lainnya.

“Sopir bus jadi tersangka tapi kan sudah meninggal dunia. Tapi kami sedang mencari apakah ada unsur pidana lainnya dalam kasus ini. Makanya kernet ini yang bisa jadi saksi utamanya.”

Kasubditgakum Polda Jawa Barat, AKBP Matrius, mengatakan, pihak pengelola bus pariwisata Kitrans bisa dikenakan pidana juga, sebab dengan sengaja membiarkan bus tidak layak jalan beroperasi. Apalagi menurutnya, ada beberapa dokumen yang dipalsukan. Tak hanya itu, KIR pun sudah habis masa berlakunya, yakni pada Desember 2016 dan belum diperpanjang hingga kecelakaan terjadi.

“Kami sedang kembangkan lagi, perusahaan bisa dikenakan beberapa pasal. Tapi nanti pastinya setelah pengembangan selesai dilakukan,” ungkap dia. (isl)

Comments

comments