Lagi-lagi Ricuh Penjara Brasil: 10 Tewas

0
271

SAO PAULO, patas.id – Pembantaian antar geng narkoba di penjara Brasil terjadi lagi Sabtu (14 Januari 2017). Kali ini korbannya 10 orang, tiga diantaranya tewas dengan kepala terpenggal. Aparat keamanan yang dipanggil terpaksa berjaga-jaga di luar penjara semalaman sebelum akhirnya masuk pada Minggu (15 januari 2017) pagi.

Website Folha de Sao Paulo melaporkan bahwa peristiwa berdarah tersebut terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Alcacuz di negara bagian Rio Grande do Norte. Kejadian bermula saat gerombolan geng narkoba mendatangi sel penjara dan membantai pengisinya. Zemilton Silva, Koordinator Sistem LP Alcacuz, mengatakan bahwa tiga di antara korban dipenggal.

BACA: Perang Geng Narkoba di Penjara, 60 Tewas

BACA: Darah Dibayar Darah, 30 Tahanan Dibantai Geng PCC

Penjara berkapasitas 620 namun diisi oleh 1.083 napi tersebut memang menjadi salah satu sarang geng narkoba dari 2 organisasi narkoba terbesar di Brasil yakni geng Primeiro Comando da Capital (PCC) dan Familia do Norte (FDN), yang bertahun-tahun berseteru.

Akibat pembantaian kemarin, Pemerintah Daerah Sao Paulo berencana memindahkan 12 pimpinan utama geng PCC ke penjara federal. Salah satunya adalah Marco Herbas Camacho yang dijuluki “Marcola” (49 tahun). Marcola adalah residivis yang telah menghabiskan setengah umurnya di penjara dan dikenal sebagai kriminal pemikir karena menyukai filsafat dan mengaku membaca lebih dari 3.000 buku selama di penjara. (cho)

 

Comments

comments