Datang ke TPS, Calon Pemilih Dijamin Aman

0
36

CIANJUR, patas.id – Pemungutan suara Pilkada 2020 Kabupaten Cianjur tinggal menghitung hari. Semakin dekatnya waktu pemilihan, KPU Kabupaten Cianjur pun terus mengingatkan masyarakat yang memiliki hak pilih agar datang ke TPS pada 9 Desember 2020 mendatang untuk memilih calon bupati dan wakil bupati.

Ada empat calon bupati dan calon wakil bupati pada Pilkada Cianjur. Mereka adalah pasangan Mohammad Toha-Ade Sobari (Hade) nomor urut 1. Selanjutnya, pasangan Oting Zaenal Mutaqin-Wawan Setiawan (OTW) nomor urut 2.

Kemudian pasangan Herman Suherman-Tb Mulyana Syahrudin (BHSM) nomor urut 3. Lalu pasangan Lepi Ali Firmansyah-Gilar Budi Raharja (Pilar) nomor urut 4.

KPU Kabupaten Cianjur mengajak kepada masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih. Masyarakat tidak mesti khawatir untuk datang ke TPS. Sebab semua pengelolaan logistik yang dipakai dalam pemungutan suara di TPS sesuai dengan protokol kesehatan.

Masyarakat juga diharapkan mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun serta menjaga jarak.

KPU sendiri telah menyiapkan 12 protokol kesehatan di TPS. Seluruh protokol itu harus dipatuhi oleh penyelenggara Pilkada dan para pemilih.

Protokol itu di antaranya menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun di TPS, menyiapkan hand sanitizer, menyiapkan sarung tangan plastik untuk para pemilih, menyiapkan sarung tangan medis untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), menyiapkan masker kepada seluruh pemilih dan penyelenggara, dan penyediaan tempat sampah untuk menyimpan semua bekas pakai selama coblos.

Protokol lainnya adalah penutup wajah (face shield) bagi penyelenggara, pengecekan suhu tubuh kepada semua pemilih, penyemprotan desinfektan di TPS, penyediaan tinta tetes untuk pemilih, penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas jika ada pemilih yang suhu tubuh di atas suhu 37,3 derajat celcius, dan penyediaan ruang khusus bagi pemilih yang suhu tubuh di atas suhu 37,3 derajat celcius. (adv)

Comments

comments