Kadin Jabar Lirik Potensi Wisata Cianjur

0
202

CIANJUR, patas.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Barat mendorong produk lokal untuk bisa masuk ke pasar Asean dan Internasional. Penguatan pengusaha serta peningkatan kualitas pun menjadi hal yang dinilai perlu untuk diperhatikan, terlebih oleh pemerintah daerah.

Ketua Kadin Jabar, Agung Suryamal, mengatakan, setiap daerah di Jawa Barat memiliki produk lokal yang berpotensi ekonomi serta menjadi unggulan di pasar ekspor. Sayangnya banyak produsen yang masih belum berorientasi menuju ekspor atau pasar antarnegara.

“Potensi ada, tapi masih perlu didorong menjadi sebuah produk unggulan. Nantinya produk di sebuah daerah bisa berorientasi ekspor,” ucap dia usai menggelar kunjungan kerja bersama Kadin kabupaten/kota se-Jawa Barat di Aula Kantor BJB Cabang Cianjur, Rabu (22 November 2017).

Menurutnya, ketika pasar ekspor sudah digali dan dikuasai maka bisa dihasilkan pemasukan yang besar bagi negara, semangat ekspor pada puluhan tahun lalu punh bisa diraih.

“Saya juga mimpikan tidak hanya produk yang mewah, tapi sampah makanan tradisional pun bisa menembus pasar internasional. Kenapa Malaysia, Jepang, Korea, dan negara lainnya bisa memasarkan produk lokalnya sementara Indonesia tidak. Makanya itu perlu kita gali supaya bisa setara,” katanya.

Selain produk, lanjut dia, Kadin juga mendorong pengembangan sektor wisata. Cianjur misalnya, banyak potensi wisata mulai dari air terjun, pendakian, pantai, dan destinasi lainnya.

Menurut Agung, keberadaan jalan tol yang kini membuat pengendara tidak melintas ke Cianjur bukan merupakan halangan. Jika strategi pengembangan wisatanya baik, maka kunjungan pariwisata bisa maksimal. Salah satunya dengan kreatifias dari penataan wisata dan keberadaan produk lokal yang baik.

“Potensi wisata itu harus digalakkan pengelolaan dan pengembangannya oleh pemerintah, didorong juga oleh Kadin sebagai mitra pemerintah,” kata dia.

Agung menambahkan, Kadin di setiap kabupaten/kota harus juga berperan memberikan usulan atau pemikirannya dalam pengembangan produk unggulan dan sektor wisata.

“Makanya hari ini pun saya telah melakukan kegiatan kunjungan kerja ke sejumlah kota/kabupaten untuk penguatan organisasi Kadin dengan tujuannya adalah inventarisasi permasalahan yang ada di Kadin setempat dalam realisasi target pengembangan,” katanya. (isl)

Comments

comments