Asyiiikk… Harga Bahan Pokok Stabil!

0
241

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur memastikan beberapa hari menjelang Idul Fitri, harga bahan pokok masih stabil, meskipun beberapa komoditas bumbu dapur mengalami kenaikan.

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman saat sidak harga di Pasar Induk Pasirhayam dan Pasar Muka bersama ‎Polres dan Kodim 0608 Cianjur, Rabu (21 Juni 2017).

‎”Setelah ada survey ke lapangan, harga bahan pokok terutama daging sapi dan ayam masih normal. Sapi itu Rp 110 ribu per kilogram dan ayam Rp 35 ribu per kilogram,” ucapnya usai sidak seraya menambahkan bahwa angka tersebut masih berada di bawah Harga Eceran Tertinggi.

“Batas toleransinya untuk daging sapi saat H-1 itu di angka Rp 120 ribu, sementara ayam sudah batas akhir seharga Rp 35 ribu per kilogram.”

Namun diungkapkan Herman, ada beberapa komoditas bumbu dapur yang mengalami kenaikan, di antaranya bawah merah, sementara bawang putih berangsur turun harga.

“Hanya bawang merah yang naik. Bahan pokok lainnya masih stabil, ini juga dampak dari bazaar murah, yang digelar Pemkab, Kodim 0608, dan Polres.”

Pernyataan Herman didukung Nunung Hamidah (42 tahun), pedagang sayur di PIP. Nunung menjelaskan bahwa bawang putih mengalami penurunan dari yang semula Rp 40 ribu menjadi Rp 27 ribu per kilogram, sementara bawang merah yang semula Rp 6 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram.

“Selain bawang, yang naik itu kentang dan cabai tanjung. Tapi tidak signifikan, berkisar di angka Rp 5 ribu untuk setiap komoditas.”

Sementara H. Ece (52 tahun), salah seorang penjual daging, mengatakan harga daging sapi saat malah Idul Fitri tidak akan mengalami lonjakan signifikan, sebab stok ‎daging sapi tidak akan kekurangan.

“Sekarang tidak akan kekuranan daging, sudah cukup. Jadi tidak akan ada lonjakan harga,” ujarnya. (isl)

Comments

comments