Buruh PT Ikon Siap Nginap di Disnaker

0
240

CIANJUR, patas.id – Buruh PT Ikon Garmindo mengancam menginap di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Tranasmigasi (Disnakertrans) kabupaten Cianjur jika tidak ada kejelasan terkait upah mereka yang tertunggak selama tiga bulan.

BACA: 4 Miliar Gaji Karyawan PT Ikon Garmindo Ditunggak Perusahaan

Bahkan para buruh dengan sabar menanti hasil keputusan dari audiensi pihak perusahaan dengan perwakilan buruh yang difasilitasi oleh Disnakertrans Kabupaten Cianjur. Hal tersebut dinyatakan dengan tegas oleh perwakilan buruh, Asep Efendi, di sela audiensi.

“Kami akan menginap di sini. Kalau perlu kami bawa keluarga, supaya tahu susahnya kami hidup dan menghidupi keluarga karena upah tidak dibayarkan.”

Asep mengungkapkan bahwa keterlambatan pembayaran upah terjadi tidak hanya tiga bulan terakhir, namun sudah terlihat sejak akhir 2016. Upah kerap kali ditunda beberapa hari sampai sepekan lebih.

“Awalnya kami bersabar, mungkin kondisi perusahaan sedang tidak normal. Tapi kesini-kesini makin parah, sampai tiga bulan tidak dibayar.”

Menurutnya, buruh menuntut segera ada kepastian pembayaran upah. Jika tidak, buruh akan menyita sendiri aset perusahaan. Pemerintah pun didorong untuk bisa menyelesaikannya.

“Kalau memang perusahaan tetap menolak asetnya diamankan oleh buruh, segera bayarkan. Kalau tidak mau begitu, pemerintah tanggungjawab,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments