Bagaimana Hasil Rakor Pengendalian Harga Jelang Ramadhan?

0
197

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Kabupaten Cianjur dan Polres Cianjur yang kini tergabung dalam Satgas Pangan menggelar rapat koordinasi pengendalian harga menjelang Ramadhan di aula Mapolres Cianjur, Jumat (19 Mei 2017).

‎Rapat yang digelar bersama peternak, distributor, pengecer, dan agen itu digelar sejak pukul 08.00 WIB dengan pokok bahasan penetapan harga. Harga daging sapi, daging ayam, dan sejumlah komoditi sayuran pun menjadi fokus sebab sering mengalami lonjakan ketika menghadapi Ramadan dan Idul Fitri.

Menurut Wakil Bupati Cianjur, Herman Suheran, harga daging sapi untu‎k saat ini masih dalam batas normal, yakni Rp 105 ribu sampai Rp 110 ribu per kilogram. Namun harga bawang putih, yang semulanya Rp 30 ribu, naik jadi Rp 48 ribu per kilogram.

“Untuk daging sapi dan ayam masih batas wajar, sepekan menuju Ramadhan ini. Tapi ternyata bawang putih yang berangsur naik‎, sekarang saja sudah Rp 48 ribu per kilogram, kalau terus dibiarkan bisa-bisa naiknya lebih tinggi lagi.”

Menurutnya, dalam rapat tersebut bakal ditentukan juga Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk sejumlah bahan pangan yang harganya rentan melonjak. Namun, nampakmua setiap peserta yang didominasi pengusaha berkeras menentukan harga yang dinilai tetap memberikan keuntungan besar bagi mereka.

“Ini yang jadi masalah, mencarika jalan tengah agar tidak memberatkan pembeli juga tidak merugikan penjual, belum bisa diambil titik tengahnya.”

Meski begitu, pihaknya bersama kepolisian bakal terus mencarikan solusi agar pengendalian harga bisa berjalan. “Pastinya akan terus digali hasil yang saling menguntungkan, makanya kami juga gelar rapat ini,” pungkasnya. (isl)

Comments

comments