Pemkab Cianjur Bakal Membentuk Perusahaan Daerah Perdagangan

0
316

CIANJUR, patas.id – Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Cianjur  rencananya bakal membentuk Perusahaan Daerah (PD) Perdagangan. PD tersebut bakal memfasilitasi produsen daerah dan membawahi PD Pasar.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Cianjur, Himam Haris, mengatakan, tahun ini pihaknya akan mengajukan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang PD Perdagangan dengan menyerakan naskah dan kajian.

“Jadi di tahun ini memang kami rencananya mangajukan PD Perdagangan, banyak hal nantinya yang dikelola oleh Badan Usaha milik Pemkab Cianjur ini,” kata dia.

Menurut Himam, PD Perdagangan memfasilitasi produsen, yakni pedagang, petani, peternak, dan yang lainnya untuk memenuhi kebutuhan warga. Mulai dari kebutuhan pokok akan disediakan melalui PD tersebut.

“Sistemnya nanti bekerja sama dengan koperasi. Mereka yang menampung, kemudian disalurkan untuk memenuhi kebutuhan.”

Dia meyakini, melalui PD Perdagangan, gejolak harga di setiap momen besar bisa diminimalisir, sebab seluruhnya sudah ditampung dan disalurkan dengan harga normal dan stabil, sehingga kemungkinan lonjakan harga pun bakal kecil.

“Pada akhirnya tujuan kami ke pengendalian. Selama ini kan harga dimainkan di tingkat distributor. Namun kami antisipasi melalui PD Perdagangan, harga dari petani dan di pasaran bakal disesuaikan dan tetap normal.”

Himam mengungkapkan, pihaknya sudah memiliki data jumlah kebutuhan mulai dari daging, sayur, dan yang lainnya setiap bulan di Cianjur. Petani dan distributor pun sudah terkumpul. “Data sudah ada, tinggal pelaksanaan dan persetujuan Perda-nya,” ucap dia.

Dia menambahkan PD Perdagangan juga membawahi PD Pasar, sehingga nanti bakal terkoordinasi dengan baik. “Jadi nanti per bidang, ada bidang pasar juga,” katanya.(isl)

Comments

comments