Banyak Tempat Hiburan tak Berizin

0
267

CIANJUR, patas.id – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Cianjur menyoroti banyaknya tempat hiburan di kabupaten Cianjur yang belum berizin, padahal seharusnya sebelum beroperasi, izin mesti ditempuh terlebih dulu.

Kepala Bidang Data Sistem Informasi DPM-PTSP Kabupaten Cianjur, Muzani Saleh, mengatakan, pihaknya sudah melakukan beberapa kali sidak (inpeksi mendadak) ke sejumlah tempat hiburan, baik di wilayah Cianjur utara ataupun perkotaan. Didapati kebanyakan tidak memiliki izin.

“Hari ini kami juga sidak ke salah satu tempat hiburan di daerah Karangtengah. Didapati juga tidak berizin,” kata dia saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (17 April 2017).

Sayangnya, tempat hiburan yang tidak memiliki izin hiburan dan gangguan tersebut sudah beroperasi. Bahkan beberapa di antaranya mengaku sudah memproses izin, padahal ketika diperiksa di dinas, tidak ada permohonan pembuatan izin.

“Ini yang kami soroti, mereka menjalankan hiburan tapi tidak menempuh perizinan. Bukan hanya tempat hiburan yang kecil, tapi juga yang besar. Ngakunya sudah memproses, tapi ketika dicek ke kantor tidak ada pengajuan,” katanya.

Menurutnya, pemilik tempat hiburan sudah seharusnya menempuh perizinan yang resmi. Selain mengurus izin ke DPM-PTSP, terkait hiburan juga perlu ada rekomendasi dari Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Cianjur.

“Prosesnya tidak sulit, tapi masih banyak yang tidak berizin,” katanya.

Dia mendorong setiap tempat hiburan segera memproses izin atau pihaknya akan menindak tegas, mulai dari penyegelan hingga penutupan secara permanen. “Kalau tidak ikut aturan, tentunya kami akan segel,” katanya.(isl)

Comments

comments