Eka Sastra Desak Pemkab Rampungkan Perda RTRW

0
227
Protecting a good investment and making money concept

CIANJUR, patas.id – Anggota Komisi VI DPR RI, Eka Sastra, mendesak Pemerintah Kabupaten Cianjur untuk segera merampungkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Hal itu dilakukan agar sektor penanaman modal di Kota Santri bisa berjalan maksimal.

Menurutnya, Cianjur telah menjadi tujuan investor menanamkan modalnya karena Cianjur dinilai potensial dan memiliki banyak tenaga kerja yang bisa diserap oleh perusahaan. “Ini jadi hal positif. Jika sebelumnya hanya mengandalkan pertanian, sekarang bisa juga mengembangkan industri di beberapa wilayah dan jadi tujuan penanaman modal oleh investor,” terangnya.

Eka menilai lepasnya investor terutama karena regulasi yang masih tumpang tindih dan perlu diperbaiki. Perda tentang RTRW bisa meyakinkan investor menanamkan modalnya di Cianjur.

“Kalau masalahnya RTRW, segera selesaikan. Jangan dibiarkan berlarut-larut. Jangan sampai invetor terus membatalkan datang ke Cianjur karena RTRW yang terus mengalami masalah.”

Selain itu, lanjut Eka, keberadaan Perda tentang RTRW juga takkan mematikan perlindungan terhadap lahan pertanian. Pasalnya kawasan industri sudah ditentukan lokasinya dan tidak boleh keluar dari zona yang ditentukan.

“Cianjur harus tetap berimbang, antaran zona industri dan lahan pertanian tetap setara. Jangan sampai Cianjur kehilangan jati dirinya sebagai penghasil padi. Industri harus ada untuk penyerapan tenaga kerja dan investasi, tapi lahan harus terus dilindungi,” tandasnya. (isl)

Comments

comments