Kenapa Pemdes dan Pedagang Cipanas Datangi Bupati?

0
347

CIANJUR, patas.id – Pemerintah Desa Cipanas beserta perwakilan pedagang di Cipanas mendatangi Pendopo Kabupaten Cianjur untuk bertemu Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar. Mereka ingin Pemkab segera membangun Terminal Cipanas yang tak kunjung direalisasikan, padahal sudah lama direncanakan.

Saat ditemui usai audiensi bersama Bupati, Senin (20 Maret 2017), Kepala Desa Cipanas Dadan Busyrol Karim mengatakan bahwa sejak beberapa tahun lalu, wacana pembangunan terminal sudah muncul, namun tidak kunjung dibangun. Bahkan kini lahan seluas 6.000 meter persegi hanya tersisa 3.000 meter persegi lantaran tergerus pertokoan dan pasar baru.

Sekarang tinggal tersisa 3.000 meter lahan milik Desa. Kami ingin segera ada pembangunan dan pengaktifan terminal supaya lahan itu tidak terus menyempit.”

Menurut Dadan, jika terminal telah dibangun, maka terminal tersebut bisa digunakan untuk pemberhentian angkutan umum (angkum), parkir kendaraan yang belanja, dan bongkar muat. Namun lantaran kapasitasnya yang tak begitu luas, nampaknya terminal tersebut hanya dapat mengakomodir beberapa rute angkum.

Ini hanya memenuhi tuntutan untuk memfasilitasi beberapa trayek angkum di Cipanas. Apalagi wacananya sudah lama tapi tak kunjung direalisasikan. Lahan seluas ini pun sudah sulit di Cipanas, makanya mumpung ada segera dibangun.”

Dadan berharap dengan melakukan audiensi bersama Bupati, terminal yang sekarang hanya berbentuk hamparan tanah bisa dibangun selayaknya terminal. “Ya, kalau bisa tahun ini sudah bisa difungsikan secara optimal,” tuturnya.

Sementara itu Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menginstruksikan Dinas Perhubungan untuk segera memfungsikan terminal tersebut. Namun terkait pembangunan, Pemkab baru akan menganggarkan di tahun depan. “Tahun ini sudah difungsikan, kalau membangun itu masuk APBD 2018. Rencanya anggaran yang disediakan sebesar Rp 1 miliar,” janjinya. (isl)

Comments

comments