Jamin Kualitas Beras Rastra Ditingkatkan, Kepala Bulog Berbagi Tips Penyimpanan

0
252
DISTRIBUSI RASKIN

CIANJUR, patas.id – Perum Bulog Subdivre Cianjur memastikan kualitas beras untuk rakyat sejahtera (Rastra) ditingkatkan. Namun pemerintah desa sebagai distributor juga diminta untuk menjaga kondisi beras saat disimpan sebelum didistribusikan.

Hal itu diungkapkan Kepala Bulog Sub Divre Kabupaten Cianjur, Rizaldi‎. Menurutnya, kualitas beras Rastra pada dasarnya bagus. Namun proses pendistribusian kerap kali merusak dan mengakibatkan kutu tumbuh dalam beras. Saat digudang, tuturnya, Rastra dijaga agar terhindar dari kutu, di antaranya lewat proses penyetabilan suhu dan sistem penyimpanan yang baik.

“Sebisa mungkin hindarkan kontak langsung antara karung beras dengan tanah, sebab itu yang merusak kualitas dan mempercepat kutu tumbuh.”

Jika ditemukan kutu, lanjut Rizaldi, karung beras dibawa ke ruangan khusus untuk menjalani proses fumigasi. Beras disimpan dalam kotak kedap udara yang kemudian diberi uap cairan khusus untuk membunuh kutu.

“Ketika tak ada udara, secara otomatis kutu keluar dari karung, lalu menghirup uap cairan khusus itu. Dengan demikian kutu akan mati. Setelah dipastikan uap cairan khusus‎ hilang, baru beras didistribusikan. Dan harus dipastikan aman untuk dikonsumsi.”

Rizaldi mengakui keberadaan beras yang sudah menjadi kapur lantaran terkena panas. Namun biasanya beras semacam itu dipisahkan untuk selanjutnya dibuang. “Biasanya itu beras yang posisinya berada di tumpukan paling atas. Kadang ada kuli panggul di gudang yang tidak memisahkan, itu yang membuat beras berkapur terdistribusikan padahal harusnya tidak boleh,” paparnya seraya menjamin akan mengganti beras yang kualitasnya jelek atau berkutu.

“Laporkan dan akan kami ganti.”

Rizaldi juga meminta pihak Pemerintah Desa untuk menjaga Rastra dengan kondisi yang sama. Pasalnya, pola penyimpanan di desa yang tidak terpantau membuat kutu berpotensi kembali hidup. “Kan mereka biasanya nyimpen dimana saja. Itu yang membuat kutu ada lagi. Itu yang kami sayangkan. Makanya kami imbau agar Pemdes juga memperhatikan pola penyimpanan di gudang. Kami harap ke depan, kualitas Rastra tetap terjaga, tak ada lagi kutu pada beras,” kata dia. (isl)

Comments

comments