Ada Saba Lembur, Omset Pedagang Naik 2 Kali Lipat

0
266


CIANJUR, patas.id – Kegiatan Saba Lembur Cianjur Ngawangun Lembur menjadi berkah tersendiri bagi pedagang atau pelaku UMKM di tingkat desa. Pasalnya kegiatan tersebut membuat pembeli berdatangan.

Seperti halnya yang dirasakan oleh Endang (30 tahun), salah seorang pedagang martabak mini yang berjualan di Desa Cirumput Kecamatan Cugenang. Dalam sehari kegiatan di desa tersebut, dia bisa meraup keuntungan hingga Rp 200 ribu.

“Alhamdulillah bawa rezeki ke pedagang kecil. Biasanya hanya Rp 100 ribu per hari, tapi sekarang bisa dua kali lipatnya.”

Di samping pedagang kecil, kegitan tersebut menjadi salah satu sarana pemerintah untuk mengangkat potensi produk UMKM unggulan di setiap desa dimana Saba Lembur digelar. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur, Judi Adi Nugroho. Menurutnya, dengan agenda saba lembur, potensi UMKM di setiap desa bisa tergali.

“Sebelumnya yang muncul itu kebanyakan UMKM di wilayah kota. Tapi dengan Saba Lembur bisa juga muncul produk unik dan berkualitas dari tingkat desa,” ujarnya. Di samping itu, para pelaku UMKM yang belum terdata juga bisa dimasukkan di data dinas. Dengan begitu, kekurangan pelaku dalam memasarkan, melegalkan, dan mempromosikan produknya bisa terfasilitasi.

“‎Yang belum punya label halal bisa diajukan, yang belum ada legalitasnya bisa dibantu. Jadi kami lebih mudah memfasilitasi merekan dan pengembangan ke depan bisa maksimal.”

Seperti yang diketahui, di tahun ini Pemkab kembali menyelenggarakan Saba Lembur. Jika tahun lalu hanya di 20 desa, tahun ini Saba Lembur akan menjangkau 120 desa di 32 kecamatan. (isl)

Comments

comments