Harga Cabai Mencapai 80 Ribu Per Kilogram

0
179

CIANJUR, patas.id – Sudah lebih dari dua pekan harga cabai di sejumlah pasar di Kabupaten Cianjur mencapai Rp 80 ribu per kilogram. Tingginya harga membuat tingkat penjualan di beberapa pedagang berkurang.

Padahal sejak awal kenaikan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur mengupayakan penurunan harga cabai dengan melakukan penambahan suplai dari kota lain. “Kenaikan harga diakibatkan cuaca yang tidak mendukung. ‎Produksinya jadi menurun. Tapi kami upayakan mencari stok dari daerah lain,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Cianjur, Judi Adi Nugroho.

Wida (30 tahun), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Muka, mengungkapkan bahwa harga cabai mayoritas naik lebih dari Rp 35 ribu per kilogram.

“Cabai tanjung dari yang semula Rp 40 ribu jadi Rp 80 ribu per kilogram. Cabai keriting dari Rp 30 ribu menjadi Rp 65 ribu per kilogram, dan cabai merah biasa dari Rp 35 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram.”

Menurut Wida, harga yang tinggi membuat penjualan cabai menurun. Biasanya, dia menjual cabai sebanyak 30 kilogram dalam dua hari, kini cabai dengan jumlah yang sama baru habis selama seminggu.

“Jadi memang lebih lama lakunya. Pembeli jadi mengurangi jumlah pembelian karena mahal. Pedagang juga maunya murah biar cepat laku, tapi kondisi suplai dari petaninya kurang, jadi harga tinggi,” tandasnya. (isl)

Comments

comments