Pilkada di Tengah Pandemi, Bawaslu Siapkan Regulasi Untuk Melindungi Para Pengawas di Lapangan

0
30

CIANJUR, patas.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyiapkan regulasi atau aturan untuk melindungi para petugas pengawas dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020. Regulasi dalam bentuk Peraturan Bawaslu RI diperlukan untuk mengantisipasi pandemi Covid-19 saat pilkada berlangsung.

Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo, menjelaskan, peraturan yang melindungi para petugas pengawas perlu dibuat. Sebab, pelaksanaan pilkada di tengah pandemi Covid-19 ini sangat beresiko.

“Kita sudah menyiapkan regulasinya dalam bentuk Peraturan Bawaslu RI. Sudah dibahas, tinggal diundangkan,” ujar Ratna di sela-sela kunjungan ke Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Cianjur, Jumat (17 Juli 2020).

Regulasi yang mengatur masalah pengawasan di antaranya mengurangi interaksi secara langsung. Pihaknya, kata dia, sudah menyiapkan aturan untuk melakukan pengawasan dan penindakan yang bisa dilakukan secara daring atau online.

“Misalnya jika ada laporan pelanggaran, penyidik bawaslu bisa memintai keterangan dengan model daring, jadi tidak perlu berinteraksi langsung,” kata Ratna.

Ratna menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan aparat kepolisian yang memiliki teknologi dan jaringan cyber untuk mendukung regulasi ini. Sebab, selain kebutuhan peralatan, bawaslu juga memerlukan SDM yang mumpuni di bidang teknologi informasi.

“Nanti setelah aturannya ada, teknologinya pun harus disiapkan. Bawaslu berharap pilkada ini bisa berjalan tanpa mengesampingkan faktor keamanan,” tutur Ratna. (daz)

Comments

comments