Kelompok Tani Hutan Dapat Bantuan Budhy Setiawan

0
98

CIANJUR, patas.id – Masih dalam rangka roadshow reses Budhy Setiawan, Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, kali ini Kompok Tani Hutan (KTH) dari 4 kecamatan di Kabupaten Cianjur yang mendapat giliran bertatap muka.

Pertemuan wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Jabar 3 Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor ini digelar di ruang terbuka, tepatnya di Wanawisata Gununggoong, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukanagara, Minggu (8 Maret 2020). Para petani hutan yang hadir, yakni dari Kecamatan Sukanagara, Campaka, Campakamulya, dan Takokak.

Dalam agenda dialog ini Budhy menyampaikan pentingnya hutan sebagai fungsi ekonomi dan juga sosial bagi masyarakat. Budhy juga menegaskan kembali mengenai program perhutanan sosial yang dapat menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar hutan.

“Beberapa program kehutanan yang disalurkan ke Kabupaten Cianjur antara lain program Kebon Bibit Rakyat (KBR) dan Bang Pesona. Kedua program ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar hutan terkait soal rehabilitasi hutan dan lahan kritis, kegiatan penghijauan lingkungan serta manfaat ekonomi lain dari aktivitas ternak rakyat di sekitar hutan,” ujar Budhy di hadapan puluhan petani, Minggu (8 Maret 2020).

Menurut Budhy, masyarakat dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah untuk pengelolaan hutan. Selain itu, masyarakat juga dapat mempergunakan lahan hutan di sekitar rumah untuk kepentingan produksi pertanian atau penanaman pohon guna kepentingan usaha.

“Program-program ini tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Cianjur,” tutur Anggota Komisi IV DPR RI ini.

Sementara itu, Jujun Juanda, penggagas pertemuan yang juga koordinator Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Cianjur, mengaku sangat senang dengan kedatangan Budhy Setiawan. Dia berjanji akan membantu sekaligus mengawal program-program yang digulirkan untuk kepentingan KTH.

“Program-program ini kalau dijalankan dengan baik akan membantu perekonomian masyarakat, khususnya KTH. Kami merasa senang Pak Budhy punya perhatian untuk membantu kami,” kata Jujun. (daz)

Comments

comments