Ada Patung Tirto di PWI Cianjur

0
16

CIANJUR, patas.id – Persatuan Wartawan Indonesia Perwakilan Kabupaten Cianjur meresmikan patung Raden Mas Tirto Adi Soerjo, Jumat (29 November 2019). Patung setengah badan yang berdiri di depan gedung PWI Perwakilan Kabupaten Cianjur tersebut dibangun sebagai penghargaan kepada Tirto yang menerbitkan koran pertama milik pribumi bernama Soenda Berita di Cianjur.

Ketua PWI Kabupaten Cianjur, Mohammad Ikhsan, menjelaskan, pendirian patung Tirto ini merupakan cita-cita sejak lama. Menurut Ikhsan, Tirto merupakan sosok jurnalis yang menjadi tonggak sejarah jurnalisme di Indonesia, khususnya Cianjur.

“Sejarah jurnalisme di Indonesia tidak terlepas dari sosok Tirto Adhi Soerjo. Khusus Cianjur, sosok Tirto sangat spesial karena untuk pertama kali terbit koran milik pribumi diterbitkan oleh Tirto di sini,” ujar Ikhsan kepada wartawan di Cianjur, Jumat (29 November 2019).

Ikhsan mengaku sangat bangga bisa mengikuti jejak Tirto menjadi jurnalis di Cianjur. “Semangat Tirto harus menjadi ruh profesionalisme jurnalis di Cianjur,” kata Ikhsan.

Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat, yang meresmikan patung Tirto, menyebutkan, sosok Tirto harus menjadi semangat jurnalis menjalankan profesi. Hilman juga mengatakan, menurut catatannya, baru pertama kali ada patung Tirto didirikan di kantor PWI.

“Cianjur ini menjadi pelopor untuk PWI lain, sebab saya belum menemukan ada patung Tirto didirikan di kantor PWI,” kata Hilman.

Hilman juga menambahkan bahwa sosok Tirto memang tidak lepas dari sejarah jurnalisme di Indonesia. “Dan Cianjur memiliki sejarah yang kuat karena di kota ini Tirto pertama kali menerbitkan koran milik pribumi,” tutur Hilman. (daz)

Comments

comments