Belasan ODGJ Kena Razia

0
26

CIANJUR, patas.id – Belasan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang biasa berkeliaran di wilayah Kabupaten Cianjur diamankan petugas gabungan dari Satpol PP Kabupaten Cianjur, Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Dinas Sosial Kabupaten Cianjur, dan TNI, Selasa (29 Oktober 2019).

Belasan ODGJ itu diamankan dari sejumlah wilayah, seperti kawasan Cianjur kota, Cipanas, Ciranjang, dan Gekbrong. Setelah diamankan, para penderita gangguan jiwa itu dibawa ke Rumah Singgah milik Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Setelah dibawa ke rumah singgah, para ODGJ itu diperiksakan kondisi kesehatannya, dimandikan, dan dicukur rambut oleh para relawan.

Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur, Muzani Saleh, mengatakan, penertiban para ODGJ itu dilakukan di lima wilayah kecamatan yang tersebar di Kabupaten Cianjur.

“Yang berhasil kita amankan, untuk sementara kita tampung dulu di rumah singgah. Mereka kita bersihkan dulu, dicukur rambut, dan dipemeriksa kesehatannya,” kata Muzani kepada wartawan, Selasa (29 Oktober 2019).

Selain para ODGJ, jelas Muzani, petugas gabungan juga mengamankan sejumlah gelandangan dan pengemis (gepeng) serta pengamen.

“Sejumlah gepeng dan pengamen yang ikut kita amankan dinilai telah meresahkan warga. Karena telah banyak laporan warga yang kita terima. Mereka, sering meminta-minta dengan paksa dan mengancam warga saat mengamen, jika tidak diberi uang,” jelasnya.

Muzani menyebutkan, setelah ditampung sementara di rumah singgah. Para ODGJ, gepeng, dan pengamen selanjutnya akan dibawa ke tempat rehabilitasi di wilayah Sukabumi.

“Untuk ODGJ akan diobati agar kondisinya kembali membaik. Kita juga akan mencari keluarga dari para ODGJ, agar mereka tidak kembali ke jalanan,” pungkas Muzani. (daz)

Comments

comments