Hujan Angin, Pohon di Seputar Pendopo Cianjur Bertumbangan

0
39

CIANJUR, patas.id – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda kota Cianjur, Kamis (17 Oktober 2019), menyebabkan beberapa pohon tumbang di sejumlah titik. Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, sedikitnya ada 5 lokasi pohon tumbang di seputar kota Cianjur.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, menjelaskan, berdasarkan laporan sementara ada 5 titik pohon tumbang di seputar kota Cianjur.

“Kelima titik tersebut berada di lokasi Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur Jalan Siliwangi, Kantor Bank Rakyat Indonesia Cabang Cianjur Jalan Aswin Sucipta, Kantor Kejaksaan Negeri Cianjur Jalan Dr Muwardi, Pasar Beas Jalan Prof Mohammad Yamin, dan SDN Ibu Dewi Jalan Siliwangi,” ujar Sugeng di lokasi pohon tumbang Komplek Pemkab Cianjur, Kamis (17 Oktober 2019).

Menurut Sugeng, tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, di beberapa ruas jalan terjadi kemacetan arus lalu lintas karena jalan terhalang pohon tumbang.

“Kami sudah mengerahkan personel ke beberapa titik untuk melakukan evakuasi. Namun, karena keterbatasan peralatan, evakuasi tidak bisa dilakukan dengan cepat,” tutur Sugeng.

Meskipun hujan sudah turun di beberapa titik, menurut Sugeng, status di Kabupaten Cianjur masih Siaga Darurat Kekeringan.

“Hujannya belum merata sehingga status Siaga Darurat Kekeringan masih belum dicabut hingga 31 Oktober 2019 mendatang,” kata Sugeng.

Sementara itu, Andri (28 tahun), salah seorang karyawan RSUD Cimacan, mengaku sempat tertimpa pecahan genting yang jatuh akibat pohon tumbang di Komplek Pemkab Cianjur. Saat kejadian, Andri sedang berteduh karena hujan deras.

“Saya pulang dari Masjid Agung Cianjur saat hujan turun. Niatnya berhenti dulu di Komplek Pemkab Cianjur untuk memakai jas hujan, tiba-tiba ada pohon tumbang menimpa bangunan pemkab. Saya melindungi kepala dari pecahan genting,” ujar Andri.

Andri menderita luka di tangan kanannya. Sedangkan sepeda motornya rusak tertimpa dahan pohon. “Alhamdulillah saya masih bisa selamat,” kata Andri.

Berdasarkan pantauan, pohon tumbang di Komplek Pemkab Cianjur mengakibatkan 2 mobil dan 3 sepeda motor rusak tertimpa pohon. Selain hujan deras disertai angin kencang, di beberapa lokasi ada pula hujan es.

“Iya, ada hujan es juga di beberapa tempat, salah satunya di Gang Harapan Jalan Aria Cikondang, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur,” kata Sugeng. (daz)

Comments

comments