Dinas Peternakan Periksa Kelayakan Hewan Kurban

0
72

CIANJUR, patas.id – Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur memastikan keberadaan hewan kurban yang diperjualbelikan di wilayah Cianjur dalam kondisi sehat dan layak. Dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan petugas di pasar hewan dan sejumlah depot penjualan hewan kurban tidak ditemukan adanya hewan yang sakit atau tidak layak (cacat).

“Tidak ada temuan, masih wajar belum ada hewan yang tidak layak,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Cianjur, Parwinia, kepada wartawan, Rabu (7 Agustus 2019).

Menurut Parwinia, tak hanya soal kesehatan yang jadi aspek pemeriksaan, hewan juga diperiksa soal kelaikannya sebagai hewan kurban. “Karena hewan-hewan itu juga harus memenuhi syarat sah kurban,” sebutnya.

Dijelaskan Parwinia, pengawasan dan pemeriksaan harus dilakukan secara ketat mengingat banyak hewan kurban yang diperjualbelikan berasal dari luar daerah.

“Kalau hewan yang datang dari luar daerah kita periksa surat jalannya atau surat keterangan sehat dari daerah asalnya, kemudian kita cocokkan dengan kondisi fisiknya, perawakannya, usia hewan dan apakah hewan tersebut cacat atau tidak,” terang Parwinia.

Soal ketersediaan hewan kurban, ia memastikan aman karena hewan kurban yang diperjualbelikan di Cianjur tidak hanya berasal dari luar daerah namun juga dipasok oleh para peternak lokal. “Karena itu, kita menyarankan belilah produk-produk (hewan kurban) dari Cianjur dari kelompok-kelompok peternak lokal,” ujarnya.

Dinas pertanian menerjunkan 50 petugas yang terdiri dari dokter hewan dan penyuluh kesehatan hewan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sejak 30 Juli hingga H+2 perayaan Idul Adha atau 13 Agustus mendatang. Setiap hewan kurban yang telah lolos pemeriksaan selanjutnya akan diberi label sehat dari pihak dinas terkait. (daz)

Comments

comments