Hari Jadi Cianjur, Upacara dan Sidang Istimewa Rasa Sunda

0
67

CIANJUR, patas.id – Memperingati Hari Jadi Cianjur ke-342, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menggelar upacara di halaman Pendopo Cianjur, Jumat (12 Juli 19) pagi. Selain upacara, ada sidang paripurna istimewa yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur.

Kabag Humas dan Keprotokolan Setda Kabupaten Cianjur, Gagan Rusganda, menjelaskan, upacara dan sidang istimewa merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Cianjur ke-342.

“Sehari sebelumnya kami juga menggelar ziarah ke Makam Cikundul di Cikalongkulon. Ziarah ke makam sesepuh Cianjur tersebut merupakan kegiatan rutin setiap hari jadi,” ujar Gagan.

Gagan juga menerangkan, untuk rangkaian kegiatan kesenian dan kebudayaan sebagai puncak peringatan Hari Jadi Cianjur akan digelar pada bulan Agustus.

“Puncak peringatannya digelar 18 Agustus 2019 berbarengan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Akan ada keramaian seperti helaran kebudayaan, panggung kesenian, karnaval, dan lain-lain,” tutur Gagan.

Pada upacara peringatan Hari Jadi Cianjur ke-342, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan sambutan menggunakan Bahasa Sunda. Herman mengatakan, peringatan Hari Jadi Cianjur merupakan momentum yang sudah menjadi budaya bagi mayarakat dan Pemerintah Kabupaten Cianjur, untuk bersama-sama mengevaluasi dan mengintrospeksi.

“Kita memang beda, tetapi kita satu. Kita memang beragam, tetapi semua keragaman itu tetap dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat meneruskan perjuangan para pendiri cianjur yang telah bersusah-payah mendirikan Cianjur. “Misalnya, dengan mengisinya dengan hal-hal yang baik dan positif. Warga Cianjur menjadi sebuah komunitas yang mandiri yang dapat senantiasa hidup dengan aman dan tentram,” tuturnya. (daz)

Comments

comments