Banjir Menerjang Desa Ciherang

0
35

CIANJUR, patas.id – Belasan rumah warga di Kampung Karamat Taipur RT 02/RW 01, Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, terendam banjir setinggi satu meter, Jumat (5 April 2019) dini hari.

Banjir yang menerjang kawasan itu disebabkan meluapnya air Sungai Cianjur setelah hujan deras mengguyur kawasan itu sejak siang kemarin.

“Tak ada korban jiwa, kerugian materi pun tidak terlalu besar. Ada sekitar 18 rumah warga yang terendam banjir,” kata Kepala Desa Ciherang, Jajang Syarif Hidayat, kepada wartawan, Jumat (5 April 2019).

Jajang mengatakan, jajarannya dibantu warga setempat langsung melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terendam.

“Untuk sementara warga yang rumahnya terendam kita tempatkan dulu ke lokasi yang lebih aman, seperti ke sanak saudaranya,” ujarnya.

Banjir yang merendam kawasan itu merupakan kejadian pertama kali. Sehingga membuat warga sekitar heran dan kaget dengan terjadinya musibah itu.

“Ini yang pertama kali, karena sudah puluhan tahun tidak pernah terjadi banjir. Mungkin karena adanya pendangkalan sungai jadi volume air meluap hingga ke rumah warga,” jelas Jajang.

Jajang menambahkan, meskipun banjir telah surut, tapi sisa material yang terbawa banjir masih memenuhi rumah warga. “Airnya sudah surut, kita bersama warga lain langsung bergotong-royong membersihkan material lumpur yang terbawa banjir,” tandasnya.

Sementara itu, Yayah (45 tahun), seorang warga korban banjir, menyebutkan, sejumlah barang elektronik miliknya dipastikan rusak, karena tidak sempat dievakuasi saat banjir menerjang.

“Jadi airnya seperti lewat saja, jadi cepat surut. Beberapa barang elektronik sih pasti rusak. Bersyukur tak ada korban jiwa,” tukas Yayah. (daz)

Comments

comments