DOB Cianjur Selatan Tinggal Nunggu Bupati Definitif

0
97

CIANJUR, patas.id – Pemekaran Cianjur Selatan mulai mendekati kenyataan. Pemerintah Kabupaten Cianjur sudah memberikan sinyal mendukung rencana terbentuknya daerah otonom baru (DOB) tersebut.

“Jadi DOB ini intinya, kalau misalkan untuk menyejahterakan masyarakat dan lebih meningkatkan pembangunan di Cianjur selatan, saya selaku bupati sangat setuju,” kata Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, Kamis (7 Februari 2019).

Pembahasan menyangkut rencana tersebut terus diintensifkan. Bahkan, kata Herman, DOB Cianjur selatan sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Itu di RPJMD sudah masuk,” tegas Herman.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan semua sudah sepakat DOB Cianjur selatan mutlak harus dilakukan. Namun saat ini masih menunggu proses keputusan hukum tetap yang dijalani Bupati Cianjur nonaktif, Irvan Rivano Muchtar.

“Kita sambil menunggu situasi. Yang jelas kan bupati belum inkracht. Posisi kita itu sudah jelas bahwa DOB Cisel (Cianjur selatan) sama-sama sepakat akan dilaksanakan,” kata Asep.

Sebelumnya, jajaran Pemkab Cianjur kedatangan para tokoh inisiator DOB Cianjur selatan. Para tokoh itu berharap segera dibentuk tim khusus percepatan DOB.

“Kemarin kita bertemu dengan para tokoh DOB yang menginginkan dibentuknya tim. Ini berjalan saja sambil menunggu perkembangan. Yang jelas DOB sudah clear,” ucapnya.

Dukungan terbentuknya DOB Cianjur selatan, kata Asep, didasari pertimbangan cukup luasnya wilayah Kabupaten Cianjur. Dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 2,2 juta jiwa, luas wilayah Kabupaten Cianjur mencapai 350.148 hektare yang terbagi ke dalam 32 kecamatan serta 360 desa dan kelurahan.

“Dari awal juga Pak Gubernur sudah menyarankan, Kabupaten Cianjur harus sudah dimekarkan. Kemudian dari dulu juga ada komponen masyarakat Cianjur selatan yang menginginkan pemekaran. Sekarang sudah sepakat, DOB harus dilaksanakan,” jelasnya.

Asep menuturkan secara teknis belum mengetahui persis kecamatan mana saja yang nanti masuk ke dalam wilayah DOB Cianjur selatan. Pembahasannya nanti akan lebih diintensifkan.

“Belum dibahas wilayah mana saja yang masuk DOB. Nanti kalau sudah final, apa yang diusulkan, kecamatan mana saja, nanti akan kami sampaikan,” pungkasnya. (daz)

Comments

comments