Respons Citarum Harum, Pengusaha Tahu Olah Limbah jadi Biogas

0
57

CIANJUR, patas.id – Sidik dan kawan-kawannya di Kecamatan Haurwangi Kabupaten Cianjur mendapatkan dua manfaat dari kreativitas yang diciptakannya. Dia bersama sejumlah pengusaha tahu di lingkungannya mencoba memanfaatkan limbah tahu yang biasanya dibuang ke Sungai Citarum menjadi biogas yang berguna.

Selain menghasilkan biogas yang bermanfaat, Sidik dan kawan-kawan juga mendukung program Citarum Harum karena mereka tinggal tak jauh dari aliran sungai terbesar di Jawa Barat yang menjadi batas Kabupaten Cianjur dengan Bandung Barat tersebut.

“Sebelumnya, kami biasa membuang limbah hasil olahan tahu langsung ke aliran Sungai Citarum,” ujar Sidik kepada wartawan, Selasa (22 Januari 2019).

Pemanfaatan limbah tahu menjadi biogas, kata Sidik, sangat membantu warga sekitar. Sebab, biogas yang dapat hasilkan sama dengan elpiji yang biasa digunakan warga.

“Apalagi dalam kondisi mahalnya harga elpiji di pasaran, biogas ini bisa dimanfaatkan oleh warga,” tutur Sidik.

Untuk proses pengolahan limbah tahu menjadi biogas, lanjut Sidik, sangat mudah dilakukan. Karena, pengolahannya tidak jauh berbeda dengan proses pengolahan limbah kotoran sapi.

“Tidak ada resiko dalam pengolahan limbah tahu menjadi biogas, karena tekanan gas yang dihasilkan untuk selanjutnya dialirkan ke warga cukup stabil,” tandas Sidik. (daz)

Comments

comments