Jalur Puncak Ambles, Pengendara Dialihkan ke Jalur Alternatif

0
94

CIANJUR, patas.id – Satlantas Polres Cianjur merekomendasikan pengendara dari arah Bogor dan Jakarta yang akan menuju Cianjur agar menggunakan jalur alternatif Sukabumi. Walaupun Cianjur tidak begitu terdampak adanya retakan jalan di Riung Gunung, Puncak, Kabupaten Bogor, tapi pengendara diminta untuk antisipatif dengan memilih jalur alternatif.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Adhimas Sriyono Putra, mengatakan, selain jalur Sukabumi tersedia juga jalur alternatif Jonggol-Cikalongkulon yang dapat diakses pengendara.

“Kondisi di Jonggol dinilai masih belum layak untuk dilalui. Pasalnya, banyak jalan berlubang dan aspal yang terkelupas. Ditambah lagi, jalur yang naik turun kurang didukung penerangan maupun rambu lalu lintas,” ujar Adhimas kepada wartawan, Kamis (29 November 2018).

Adhimas menjelaskan, kedua jalur tersebut tetap memiliki titik rawan kecelakaan masing-masing. Menurut Adhimas, di jalur Sukabumi, titik rawan kecelakaan berada di Gekbrong.

“Kedua jalur itu hingga saat ini masih terpantau belum mengalami peningkatan arus. Diperkirakan, peningkatan volume kendaraan akan terjadi pada akhir pekan mendatang,” kata Adhimas.

Adhimas mengungkapkan, pengendara yang akan menggunakan kendaraan besar untuk memilih jalur alternatif. Sementara itu, kendaraan roda empat atau minibus masih diperbolehkan melintas di jalur Puncak.

“Sebetulnya, kepolisian Cianjur sejak awal 2018 sudah mengarahkan pengendara untuk menggunakan jalur alternatif. Soalnya, pascalongsor di Puncak, proses perbaikan jalan yang masih berlangsung membuat jalur tidak memungkinkan untuk dilintasi kendaraan besar,” dia mengimbuhkan.

Dia juga mengatakan, anggota kepolisian sejauh ini sudah diturunkan di jalur-jalur alternatif. Hal itu dilakukan, untuk mengantisipasi potensi kemacetan.

“Kami juga akan segera memasang rambu portable untuk memudahkan pengendara mengakses jalur alternatif,” tutur Adhimas. (daz)

Comments

comments