Belum Rampung, Jalan Beton Pacet-Cipendawa Sudah Rusak

0
165

CIANJUR, patas.id – Proyek cor beton ruas jalan Cigombong-Cipendawa dan Cipendawa-Pacet di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, saat ini nyaris rampung. Namun, kondisi jalan yang dibangun dari sumber anggaran Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat senilai Rp 3,9 miliar tersebut sudah mulai aus dan sebagian retak-retak alias rusak.

Berdasarkan hasil inspeksi mendadak (sidak) Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur, proyek pembangunan jalan beton yang dikerjakan CV Faina Indonesia tersebut, belum diserahterimakan atau PHO dari pihak kotraktor kepada pemerintah.

“Pengerjaannya sudah hampir 99 persen, tapi kondisi betonnya sudah mulai aus alias rusak. Sebelum dilakukan serah terima (PHO) kepada pihak pemerintah, pihak kontraktor harus menyelesaikan masalah kondisi jalan yang mulai aus,” ujar Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cianjur, Atep Hermawan Permana, kepada patas.id di ruang kerjanya, Jumat (5 Oktober 2018).

Menurut Atep, berdasarkan hasil sidak yang dilakukan sehari sebelumnya, Kamis (4 Oktober 2018), pengerjaan proyek sudah nyaris rampung meskipun belum 100 persen.

“Saat sidak itu kami menemukan hampir di sepanjang jalan yang sudah selesai dikerjakan, kondisi betonnya sudah aus. Kami masih mengecek penyebabnya apakah dari kualitas bahan atau proses pengerjaan yang tidak maksimal,” kata Atep.

Atep menjelaskan, proyek pembetonan jalan yang dikerjakan CV Faina Indonesia itu ada dua ruas. Ruas pertama Cigombong-Cipendawa sepanjang 550 meter senilai Rp 1,7 miliar dan ruas Cipendawa Pacet sepanjang 400 meter dengan nilai Rp 2,2 miliar.

“Total pengerjaan jalan sepanjang 950 meter dengan nilai Rp 3,9 miliar,” tutur Atep.

Atep mengimbuhkan bahwa Komisi III sudah mengeluarkan nota kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Cianjur untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

“Kami sudah mengeluarkan rekomendasi dalam bentuk nota komisi agar ada tindak lanjut oleh pihak Dinas PUPR Kabupaten Cianjur sebelum dilakukan PHO,” tandas Atep. (daz)

Comments

comments