Sah, KPU Tetapkan 1,6 Juta Pemilih untuk Pemilu 2019

0
125

CIANJUR, patas.id – KPU Kabupaten Cianjur menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 2019 sebanyak 1.665.539 pemilih.

Dari total DPT tersebut, pemilih laki-laki berjumlah 845.503 dan pemilih perempuan berjumlah 819.036. Untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 6.874 TPS yang tersebar di 360 desa dan kelurahan di Kabupaten Cianjur.

“Hari ini kami tetapkan DPT melalui rapat rekapitulasi dan pleno DPT Pemilu 2019. Dari pukul 13.00 WIB dan selesai pada pukul 16.30 WIB,” kata Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Anggy Shofia Wardany kepada wartawan usai rapat, Senin (20 Agustus 2018).

Menurutnya, dalam sidang pleno tersebut sempat terjadi beberapa perdebatan, yakni terkait daftar pemilih di tiga kecamatan, yaitu Karangtengah, Gekbrong, dan Cidaun.

Untuk Karangtengah, ungkap Anggy, ada penambahan jumlah pemilih di beberapa desa, sementara di Kecamatan Cidaun hanya terjadi permasalahan terkait berita acara yang sudah diselesaikan melalui perbaikan berita acara.

“Untuk Gekbrong, ada perdebatan dimana dua orang disebut tak dimasukkan, tapi setelah diperiksa ternyata sudah masuk dalam DPT,” tuturnya.

Dia menyebutkan untuk Pileg dan Pilpres 2019, ada peningkatan jumlah DPT dibandingkan pelaksanaan sebelumnya. Terkait DPT, lanjut Anggy, warga bisa memeriksa namanya sudah tercantum di website atau aplikasi khusus.

“Ada peningkatan, tapi jumlah pastinya saya harus lihat dulu. Yang jelas untuk pleno kali ini sudah clear dan daftar pemilihnya ada sekitar 1,665 juta pemilih,” pungkasnya.(daz/*)

Comments

comments