Puluhan Tahun PLN Tak Pasok Listrik ke Kampung Ini

0
90

CIANJUR, patas.id – Sebanyak 93 keluarga di Kampung Cihurip, Desa Karangnunggal, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, selama ini belum pernah merasakan sambungan listrik dari PLN. Selama puluhan tahun pengajuan warga melalui pemerintah desa dan kecamatan tidak kunjung mendapat jawaban, sehingga sebagian warga terpaksa menumpang Kwh ke rumah warga di perkampungan yang sudah teraliri listrik.

“Namanya menumpang Kwh meskipun atas nama sendiri yang jaraknya jauh, sudah pasti suplai listrinya atau daya tidak maksimal karena kami harus menyambung kabel hingga 1.500 meter. Itu pun tidak semua warga mampu melakukannya karena biayanya mahal,” kata Beben (47 tahun) tokoh warga setempat saat dihubungi melalui telepon, Selasa (7 Agustus 2018).

Beben menuturkan, untuk penerangan fasilitas umum seperti masjid dan madrasah di kampung tersebut, mendapat bantuan biaya dari Arab Saudi dengan cara sama menumpang Kwh di kampung lain yang berjarak 1 kilometer.

Puluhan keluarga yang tinggal hanya beberapa kilometer dari pusat Kecamatan Cibeber ke arah timur, berharap memiliki jaringan sendiri layaknya perkampungan lain di Cianjur.

“Kami tidak tahu apa kendala dari PLN atau yang berkaitan, sampai puluhan tahun kami harus hidup dalam kegelapan ketika malam hari, sehingga tidak dapat beraktivitas terutama penerangan untuk anak-anak saat belajar,” katanya.

Warga berharap segera memiliki Kwh sendiri dengan daya listrik yang stabil karena saat ini, ketika musim hujan atau angin besar kabel listrik terbuka sepanjang 1,5 kilometer rentan membahayakan warga.

Sementara Camat Cibeber, Ali Akbar mengatakan, pihaknya tengah mengupayakan agar puluhan kepala keluarga di Kampung Cihurip, segera mendapatkan aliran listrik dari PLN seperti perkampungan lainnya.

Namun sejumlah kendala, tambah dia, sempat dikeluhkan pihak PLN seperti tanah yang akan dipasang tiang milik warga luar, sehingga pihak PLN mengupayakan izin dari pemilik tanah untuk digunakan terlebih dahulu.

“Betul sudah puluhan tahun warga di kampung tersebut belum mendapat aliran listrik. Namun kami upayakan tahun ini, warga seudah mendapat aliran seperti kampung lainnya,” kata Ali. (daz/*)

Comments

comments