Ombak Pantai Selatan Cianjur Mencapai 4-5 Meter

0
104

CIANJUR, patas.id – Gelombang tinggi di pesisir selatan Cianjur, mulai mengalami peningkatan status. Bahkan kini ketinggian ombak sudah mencapai 4-5 meter. Warga pun diingat untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman dan jauh dari bibir pantai.

Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, mengatakan, sejak Selasa (24 Juli 2018) kondisi gelombang tinggi sudah menunjukan peningkatan. Sebelumnya, ketinggian gelombang di sepanjang pantai selatan Cianjur hanya 2 meter dan belum menjadi ancaman.

“Awalnya di Jawa Timur yang sudah sampai ketinggian 4 meter dan memberikan dampak, sementara Cianjur masih sebatas nelayan tak bisa melaut. Tapi kemarin terpantau ada peningkatan status,” kata Sugeng, Rabu (25 Juli 2018).

Menurutnya, berdasarkan informasi yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dab Geofisika, gelombang tinggi tersebut akan meningkat statusnya mulai 24 hingga 26 Juli 2018. “Makanya diperkirakan besok, Kamis (26 Juli 2018), akan terjadi puncaknya,” kata dia.

Meski begitu, lanjut dia, ancaman bagi warga di lingkungan pesisir pantai sudah ada. Mengingat dengan ketinggian 4 meter, air sudah sampai ke lapak dan warung di pantai. Tidak menutup kemungkinan, air akan sampai ke pemukiman hingga memberikan kerusakan.

“Sudah sampai ke warung tepi pantai, tapi sebatas banjir rob, tidak ada kerusakan seperti di daerah lain. Potensi tetap ada, apalagi jika puncaknya memang terjadi besok dan gelombang semakin tinggi,” ucapnya.

Sugeng menambahkan, pihaknya sudah mengirim sejumlah regu yang diberangkatkan ke Cianjur Selatan untuk mengawasi dan melakukan langkah antisipasi. Warga yang rumahnya dekat pantai pun mulai mengungsi ke rumah kerabatnya yang dinilai lebih aman.

“Tim sudah berangkat ke sana untuk mengawasi sepanjang pantai, mulai dari daerah Sinar Laut di Kecamatan Agrabinta, Pantai Jayanti di Kecamatan Cidaun, dan pantai lain di wilayah selatan. Warga sudah diimbau untuk mengevakuasi diri ke tempat aman. Kami harap tidak ada dampak besar dari gelombang tinggi ini, “pungkasnya. (daz/*)

Comments

comments