Puluhan Warga Diduga Keracunan

0
116

CIANJUR, patas.id – Puluhan warga Kampung Curug RT 05/RW 06 Desa Ciranjang, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, diduga mengalami keracunan, Sabtu (30 Juni 2018). Dugaan sementara penyebabnya berasal dari nasi kenduri yang disediakan salah seorang warga setempat.

Berdasarkan informasi, kejadian bermula sekitar pukul 16.00 WIB. Satu per satu warga mengalami gejala keracunan seperti mual, pusing, dan disertai muntah. Dugaan keracunan massal terjadi selang sekitar satu jam seusai mereka menyantap makanan hajatan. Para korban dugaan keracunan dievakuasi pemerintah desa setempat ke puskesmas terdekat.

“Semuanya ada 67 orang. Tapi hingga pukul 19.00 WIB, sudah ada 26 orang yang dipulangkan. Sisanya masih diobservasi,” ujar Kapala Puskesmas DTP Ciranjang, Elfira Firdaus, kepada wartawan, Sabtu (30 Juni 2018).

Elfira belum bisa memastikan penyebab kejadian itu. Saat ini sampel makanan sedang dalam proses uji laboratorium.

“Setelah ada hasil laboratorium baru bisa menyimpulkan,” ujarnya.

Saat ini kondisi korban dugaan keracunan yang diobservasi berangsur membaik. Kondisi semuanya masih bisa ditangani medis puskesmas. “Tidak ada yang dirujuk,” tandasnya.

Camat Ciranjang, Saepul Milah, mengaku masih mendata jumlah warga lainnya karena khawatir masih ada yang mengalami gejala serupa dengan korban dugaan keracunan. Ia berharap peran aktif masyarakat maupun ketua RT dan RW cepat melaporkan.

“Tapi alhamdulillah masih bisa kami tangani. Sebagian sudah ada yang pulang,” tandasnya. (daz/*)

Comments

comments